Berita  

Hamas dan Fatah Sepakati Perjanjian Pemilu Presiden Palestina

Tepi Barat, KabarBerita.id — Hamas dan Fatah telah menyepakati perjanjian penyelenggaran pemilu parlemen dan presiden Palestina. Kesepakatan tercapai pada akhir pekan lalu.

“Kami menerima tanggapan positif dari (Presiden Palestina Mahmoud) Abbas tentang mengadakan pemilu presiden dan parlemen,” kata pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dalam sebuah konferensi pers di Gaza, dikutip laman Israel National News, Senin (4/11).

Hal itu disampaikan Haniyeh seusai bertemu Ketua Komisi Pemilihan Umum Palestina Hanna Naser. Dia melakukan perjalanan selama tiga hari ke Gaza pekan lalu. Nasser dan delapan pemimpin faksi di Jalur Gaza telah menandatangani perjanjian penyelenggaran pemilu parlemen dan presiden di wilayah Palestina.

Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat telah menyerukan PBB mendukung upaya Mahmoud Abbas untuk menggelar pemilu nasional, termasuk di Jalur Gaza dan Yerusalem Timur yang diduduki.

Hal itu diutarakan Erekat saat melakukan pertemuan dengan Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Politik Rosemary DiCarlo dan Koordinator Khusus PBB untuk Perdamaian Timur Tengah Nickolay Mladenov di Ramallah, pada 7 Oktober lalu.

Dua anggota Komite Eksekutif Fatah Ahmad Majdalani dan Wasel Abu Youssef menilai penyelenggaraan pemilu memang satu-satunya cara mengakhiri perpecahan dan friksi di antara faksi-faksi Palestina, terutama Fatah dengan Hamas.

Pada awal Oktober lalu, Abbas telah membentuk komite dari Komite Pusat Fatah untuk membahas dan mengkaji proses penyelenggaraan pemilu di wilayah Palestina. “Kita akan membahas pemilu, persiapan untuk menyelenggarakannya, dan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai tujuan ini,” ujar Abbas dalam pertemuan internal Fatah kala itu.

Pada Mei lalu, Perdana Menteri Palestina Mohamad Shtayyeh mengatakan pemerintahannya bersama Fatah siap rekonsiliasi dengan Hamas. Menurut dia, perpecahan antara Fatah dan Hamas merupakan babak kelam dalam sejarah Palestina.

Tinggalkan Balasan