Hal-Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Belajar Bahasa Korea

0
193 views
belajar bahasa korea

belajar bahasa korea

Sejak beberapa tahun terakhir, fenomena demam Korea terjadi di mana-mana. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Begitu menariknya produk budaya Korea hingga tak sedikit orang yang mulai tertarik belajar bahasa Korea yang disebut Hangeul. Bahasa yang diciptakan oleh Raja Sejong ini memiliki 24 abjad, yang terdiri dari 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal.

Jenis-Jenis Tempat Belajar Bahasa Korea

Secara umum, tempat belajar bahasa Korea bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Lembaga Formal
    Bagi yang ingin mempelajari bahasa Korea secara serius, misalnya untuk melanjutkan studi, pilihlah lembaga yang bersifat resmi. Contohnya adalah Korean Cultural Center dan pusat bahasa yang ada di universitas.

 

  • Tempat Kursus
    Tempat kursus memiliki berbagai pilihan kelas, seperti kelas regular, intensif, topik umum, topik khusus, privat, dan semi-privat. Kelas khusus adalah kelas untuk persiapan mengikuti KLPT (Korean Language Proficieny Test) atau EPS-TOPIK (Employment Permit System-Test of Proviciency in Korean).

 

  • Kelas Online
    Mempelajari bahasa Korea juga bisa dilakukan secara online. Kelas ini banyak diminati karena jadwalnya fleksibel dan biaya yang terjangkau.

Langkah-Langkah Belajar Bahasa Korea yang Efektif

Dengan cara yang tepat, bahasa Korea bisa dikuasai dalam waktu singkat. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mempelajari bahasa Korea secara efektif.

  1. Mempelajari Hangeul
    Menguasai aksara Hangeul adalah modal utama untuk bisa menguasai bahasa Korea. Jika Hangeul sudah dikuasai, membaca dan menulis dalam bahasa Korea akan menjadi sangat mudah.
  2. Menghafal Kosakata Sederhana
    Setelah menguasai Hangeul, mulailah untuk menghafal kosakata. Awali dengan kosakata sederhana yang banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari, kemudian meningkat ke kosakata yang lebih sulit.
  3. Mempelajari Ungkapan Dasar Percakapan Sopan
    Bahasa Korea memiliki sistem honorifik, yaitu memiliki ungkapan khusus untuk menunjukkan penghormatan terhadap orang yang lebih tua atau disegani. Dasar-dasar percakapan yang sopan penting untuk dipelajari untuk menghindari kesalahan dalam percakapan.
  4. Mempelajari Tata Bahasa Dasar
    Bahasa Korea memiliki tata bahasa yang sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia dikenal struktur SPO (Subyek+Predikat+Obyek), sedangkan bahasa Korea menggunakan struktur SOP. Susunan kata dalam bahasa Korea juga pada umumnya merupakan kebalikan dari bahasa Indonesia.
  5. Melatih Cara Pengucapan yang Benar
    Karena cara pengucapannya berbeda dengan bahasa Indonesia, diperlukan banyak latihan untuk dapat melafalkan kata-kata dalam bahasa Korea dengan fasih. Caranya, sering-seringlah menonton drama atau mendengarkan lagu-lagu berbahasa Korea.

Belajar Bahasa Korea Melalui Aplikasi

Mempelajari bahasa Korea kini semakin mudah dengan adanya beragam aplikasi. Ada beberapa tipe aplikasi untuk mempelajari bahasa Korea, yaitu:

  • Aplikasi untuk Belajar Menulis
    Aplikasi ini berguna untuk membantu belajar menulis dalam bahasa Korea tahap demi tahap. Mulai dari belajar menulis huruf per huruf hingga cara menulis kata dan kalimat.
  • Aplikasi untuk Mempelajari Kosakata
    Aplikasi ini cukup lengkap, mulai dari mempelajari kosakata dasar dan artinya, cara penulisannya, hingga cara membaca dan melafalkannya.
  • Aplikasi Kamus
    Dengan aplikasi ini, Anda bisa menemukan arti sebuah kata dalam tiga bahasa sekaligus, yaitu bahasa Korea-bahasa Inggris-bahasa Indonesia, tanpa harus repot membolak-balik kamus.
  • Aplikasi Penerjemah
    Aplikasi penerjemah digunakan untuk menerjemahkan satu kalimat atau satu paragraf dalam bahasa Korea ke bahasa Inggris, lengkap dengan arti setiap kata yang digunakan.
  • Aplikasi Khusus TOPIK
    Aplikasi khusus ini bisa membantu siapa pun yang ingin lulus tes TOPIK. Dalam aplikasi ini disediakan materi ujian dan contoh soal mulai dari tingkat pemula hingga tingkat lanjut.

Bahasa merupakan salah satu hasil kebudayaan sebuah bangsa. Dengan belajar bahasa Korea, Anda akan mengenal Korea lebih dari sekedar K-Pop dan drama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here