Berita  

Hakim Vonis Bebas Alfian Tanjung

Jakarta, KabarBerita.id — Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memvonis bebas terdakwa kasus ujaran kebencian di media sosial, Alfian Tanjung.

“Iya benar, sudah diputus bebas oleh majelis hakim,” kata Kepala Humas PN Jakpus, Jamaluddin Samosir saat dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Menurut Jamaluddin, terdakwa Alfian diputus bebas karena hakim mempertimbangkan terdakwa tidak terbukti bersalah dalam kasus ujaran kebencian.

Hakim mempertimbangkan bahwa dalam kasusnya, Alfian hanya melakukan kopi salin isi artikel di salah satu media yang tidak tercantum di Dewan Pers.

“Bahwa perbuatan terdakwa hanya ‘copy-paste’ media untuk diposting di akun media sosialnya,” ujar hakim ketua, Mahfudin.

Atas putusan ini, hakim meminta jaksa penuntut umum mengembalikan barang bukti yang sudah disita, yaitu “laptop” atau komputer jinjing merek Asus. Selain itu, jaksa juga diminta segera membebaskan Alfian Tanjung dari penjara.

Sebelumnya Alfian menjadi tersangka atas kasus ujaran kebencian yakni berupa cuitan ‘PDIP 85 persen isinya kader PKI’ di akun Twitter

Tinggalkan Balasan