Berita  

Haji Sappe, Politisi Senior Balikpapan Meninggal Dunia

Balikpapan, KabarBerita.id — Ucapan dukacita masih mengalir kepada keluarga almarhum Haji Sappe, politisi Golkar dan mantan anggota puluhan tahun DPRD Balikpapan yang meninggal dunia pada Sabtu (29/12).

“Beliau tokoh Balikpapan dan panutan kita, kata anggota Komisi III DPRD Balikpapan, Danang Eko, Minggu.

Haji Sappe bin Coheng Daeng Pahata juga dikenal luas sebagai pengusaha dan aktif di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Balikpapan. Almarhum meninggal di usia 67 tahun sebab serangan jantung di RS Siloam, sekira pukul 10,00 WIB.

Karena pengalamannya, menurut Danang, Haji Sappe adalah tempat bertanya mengenai banyak aspek pembangunan Kota Minyak.

Ia juga menyatakan, terakhir kali bertemu almarhum, yaitu saat berjamaah shalat dzuhur di Masjid Attaqwa, masjid besar di Klandasan, tidak jauh dari Gedung DPRD.

Sepanjang hari Sabtu(29/12), suasana duka kental menyelimuti kediaman almarhum di Jalan Rindam, di RT 25 lingkungan Terminal Balikpapan Permai (BP) Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Kota. Ribuan warga mulai dari keluarga, kerabat, anggota DPRD Balikpapan dan pejabat-pejabat Pemkot datang silih berganti ke rumah duka untuk turut berbelasungkawa.

Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi juga menyampaikan rasa duka cita yang mendalam.

Anak almrahum, Haji Harris menyatakan, ia tidak menyangka ayahnya akan segera berpulang. Pada Sabtu tersebut, Haji Sappe masih terlihat sehat seperti biasa. Namun, tiba-tiba almarhum mengeluhkan sakit di dadanya.

“Sakit jantung Bapak kumat. Saya langsung melarikan ke Rumah Sakit Siloam, kata Harris.

Setelah tiba di RS Siloam, Haji Sappe segera ditangani. Menurut Harris, dokter menyampaikan kepadanya bahwa denyut jantung Haji Sappe sudah tidak teratur. “Hingga pukul 10.00 WIB, dokter bilang bapak sudah meninggal, katanya.

Almarhum dimakamkan di Pemakaman Muslim Pasar Baru, kawasan tinggi perbukitan yang kini sudah dijepit rumah-rumah penduduk. Istri, keempat anaknya, menantu dan cucu-cucu beserta para kerabat dan sahabatnya mengantarkan mendiang ke peristirahatan terakhirnya.

Tinggalkan Balasan