Berita  

H-1 Deadline Facebook Indonesia, Apa Kelanjutannya?

Ilustrasi Facebook(Ist)
Ilustrasi Facebook(Ist)

Jakarta, KabarBerita.id — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan tenggat waktu sehari lagi hingga 26 April 2018 setelah mengirimkan surat kepada Facebook untuk permintaan penjelasan dan dokumen terhadap penyalahgunaan data pengguna Facebook Indonesia.

Hingga H-1 dari tenggat surat yang dikirim, pihak Facebook Indonesia tidak menegaskan apakah sudah memberikan tanggapan atas surat yang dikirimnya.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza mengungkapkan ada empat permintaan yang dilayakan kepada media sosial terbesar di dunia ini:

1. Klarifikasi mengenai adanya informasi penyalahgunaan data pengguna Facebook yang meluas ke firma analisis lain selain Cambridge Analytica, yaitu CubeYou dan Aggregate IQ.

2. Penjelasan lebih lanjut mengenai tindakan teknis untuk membatasi akses data di Facebook, seperti yang telah dijelaskan pada surat dari Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia tanggal 5 April 2018.

3. Memberikan data jadwal dan/atau hasil audit kasus ini.

4. Memberikan data pengguna Facebook Indonesia yang terkena dampak penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica.

Facebook diberi waktu hingga tujuh hari kalender, yang artinya sampai tanggal 26 April nanti mereka harus memberikan penjelasan tersebut kepada Pemerintah Indonesia.

Skandal bocornya data Facebook tak kunjung usai baik di tingkat global maupun Indonesia. Diketahui ada lebih dari satu juta user Facebook dari Indonesia yang datanya disalahgunakan untuk kepentingan Cambridge Analytica.

Gerakan #DeleteFacebook pun membahana seantero dunia. Indonesia sendiri sebenarnya memiliki beberapa platform media sosial lokal yang terus tumbuh. Salah satunya ViuGraph. CEO ViuGraph Wahyu Widiyantoro mengatakan ViuGraph memberikan platform berbagi cerita dalam klasifikasi topik-topik tertentu, di samping dengan teman yang sudah dikenal.

Selain hal tersebut, ada fitur filtering yang membuat pengguna ViuGraph hanya melihat apa yang diinginkan dengan timeline berdasarkan waktu kronologis konten tersebut di upload.

Wahyu menjelaskan ViuGraph sebagai media sosial lokal siap untuk menjadi alternatif pengganti media sosial Facebook. Wahyu juga menjelaskan ViuGraph sudah membuatkan akun beberapa pesohor yang sempat mengalami permasalahan karena akun intagramnya dibanned seperti Ustadz Abdul Somad.

Berikut adalah link viuGraph di android dan IOS:

Link Google Player viuGraph: KLIK DISINI
Link IOS viuGraph: KLIK DISINI

 

 

 

Tinggalkan Balasan