Berita  

Gunung Soputan Erupsi, Abu Vulkanik Capai 4 Km

JAKARTA, Kabarberita.id – Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus pagi ini. Tinggi kolom abu vulkanik mencapai 4 km di atas puncak kawah.

“Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Rabu (3/10/2018).

Hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Soputan pukul 08.47 WITA ini diperkirakan jatuh di daerah di barat laut. Erupsi ini disebut BNPB tidak menganggu jalur penerbangan.”Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado tetap beroperasi normal. Posisi bandara berada di Tenggara dari Gunung Soputan,” sambungnya.

Gunung Soputan saat ini berada pada Status Level III (siaga) dengan rekomendasi masyarakat tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak gunung.

Masyarakat juga diminta tidak beraktivitas di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah.

Hal itu untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas. “Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Ikuti semua rekomendasi PVMBG. Pos pengamatan Gunung Soputan terus memantau aktivitas vulkanik,” ujar Sutopo.

 

Tinggalkan Balasan