Gunung Anak Krakatau Naik Status Siaga Level 3

Jakarta, KabarBerita.id — Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi pada Minggu (24/4) petang.

Saat ini, Status gunung yang berada di perairan Sunda itu naik dari waspada atau level II menjadi siaga atau level III pada pukul 18.00 WIB.

Kepala geologi kementerian energi dan sumber daya mineral Eko Budi Lelono, mengatakan hasil pemantauan visual dan instrumental telah menunjukkan adanya kenaikan aktivitas yang semakin signifikan dan tingkat aktivitas gedung anak atau dinaikkan dari Waspada level dua menjadi siaga level tiga.

Eko menjelaskan teramati hembusan asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal dengan tinggi kolom hembusan sekitar 25 – 3000 meter dari atas puncak gunung.

Eko juga memperingatkan kepada masyarakat supaya tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

Ia meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mempercayai isu-isu miring mengenai erupsi gunung tersebut menyebabkan kemungkinan tsunami.

Untuk informasi dapat menghubungi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi (022) 7272606 di Bandung, Jawa Barat atau Pos Pengamatan Gunung Krakatau (0254) 651449 atau 085846324506 di Pasauran, Banten.

Dari laman Kementerian ESDM, status Siaga Level III untuk gunung berapi berarti ada peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung api mengalami erupsi. Ancaman bahaya erupsi bisa meluas tapi tidak mengancam pemukiman penduduk.

Tinggalkan Balasan