Gubernur Sumatera Barat Dukung Puluhan Ormas Sumbar Gelar Aksi Solidaritas Palestina

  • Bagikan
Gubernur Sumatera Barat melepas aksi solidaritas Palestina yang dilakukan Ormas se Sumatera Barat

Sumatera Barat, KabarBerita.id — Puluhan ormas di Sumatera Barat yang bersatu dalam Forum Komunikasi Sumatera Barat Peduli Palestina beraksi untuk solidaritas terhadap Palestina di Padang, Minggu (23/5).

Aksi solidaritas dilakukan dengan longmarch dan Flashmob dimulai dari Masjid Raya Sumbar kemudian sepanjang Jalan Khatib Sulaiman hingga Jalan Sudirman Padang. Aksi ini dilepas langung oleh Gubernur Sumatera Barrat, Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan serangan Israel kepada Palestina adalah pelanggaran HAM berat dan harus dihentikan.

“Kita hadir disini untuk membela Palestina karena perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan hak rakyat Palestina,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi meminta kepada pemerintah pusat adanya inisiasi dukungan internasional demi bela Palestina untuk memperoleh haknya.

“Kita dukung supaya pemerintah Indonesia bisa lebih kongkret desak dunia internasional hukum Israel,” ucap Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan bahwa Palestina dan Indonesia memiliki hubungan yang erat karena Palestina memberikan dukungan pada Indonesia saat masa perjuangan.

Salah satu pimpinan ormas yang ikut aksi dari Ketua Ikatan Dai Indonesia (IKADI) wilayah Sumatera Barat Uwatul Wusqa mengatakan bahwa yang terjadi di Palestina bukan hanya masalah Palestina tapi juga merupakan masalah kita semua.

“Kita ingin masyarakat memahami bahwa yang terjadi di Palestina saat ini merupkan masalah bersama. Seperti halnya jika kita berada di masjid disini tentunya kita tidak ingin masjid kita dinistakan,” terangnya.

Aksi ini bertujuan untuk memberikan pehaman dan syiar pada masyarakat tentang apa yang saat ini terjadi di Palestina sehingga masyarakat tersentuh hatinya dan sadar tentang yang terjadi disana.

Ketua wilayah Badan Kontak Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sumbar, Nurlizam juga mendorong semua DPD BKPRMI se-Sumbar agar terus mengedukasi masyarakat pentingnya perjuangan Palestina.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan