Gubernur NTB Ajukan Geopark Tambora untuk Dikembangkan

Geopark Tambora

Nusa Tenggara Barat, KabarBerita.id — Program pengembangan Geopark Tambora Pulau Sumbawa tengah diajukan Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

“Alhamdulillah proposal pengembangan sudah dajukan kepada Menteri Pariwisata. Geopark Tambora diharapkan kedepan bisa lebih optimal dalam memberi manfaat pada masyarakat Bima-Dompu serta Pulau Sumbawa,” kata zulkieflimansyah.

Perpres Nomor 9 tahun 2019 tentang Geopark dan Permenparekraf Nomor 2 tahun 2020 tentang pengembanga Geopark sebagai destinasi wisata sudah menjelaskan amanah pengembangan Geopark.

Kita memang punya peluang untuk meminta support-support dari kementerian terkait karena Geopark Tambora saat ini telah berstatus Geopark Nasional. Termasuk Kemenparekraf. Do’a kan program yang kita ajukan segera direalisasikan oleh kementerian terkait,” katanya.

Proposal program yang diajukan oleh Gubernur NTB tersebut dismbut baik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan akan memberikan dukungan pada Geopark Tambora.

“Geopark Tambora kita dukung dengan harapan dapat menjadi UNESCO Global Geopark dalam waktu yang akan datang yang tentu saja akan menjadi daya tarik pariwisata yang berkelanjutan sehingga bisa membuka peluang usaha ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kami siap support” ujar Sandiaga.

Program pengembangan Geopark Tambora dijelaskan General Manager Geopark Tambora, Hadi Santoso sudah berdasarkan masukan Dewan Pelaksana Geopark Tambora dari masukan formal/informal berbagai stakeholder terkait, termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Kabupaten/Kota Bima, Balai Taman Nasional Tambora, Balai KSDA, Dinas lingkup Pemerintah Provinsi NTB, Perguruan Tinggi, NGO, masyarakat adat.

“Ajuan proposal sudah sangat komprehensif, Insya Allah. Seperti ajuan pembangunan bandara perintis kawasan Geopark Tambora di bagian Dompu, kemudian Perbaikan akses kelokasi, dan fasilitas/amenitas di kawasan wisata Geopark Tambora. Pendidikan dan pelatihan untuk masyarakat pelaku wisata. Termasuk permintaan berupa bantuan peralatan bagi UMKM di lingkar Tambora,” katanya.

Tinggalkan Balasan