Gubernur BI Optimistis Ekonomi akan Tumbuh 1,9 Persen

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id –¬†Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020 berada dikisaran 0,9%-1,9%. Hal itu didukung dengan membaiknya kondisi perekonomian dalam negeri, seiring dengan berbagi kebijakan stimulus yang dikeluarkan pemerintah.

Padahal asumsi pemerintah ekonomi tumbuh  minus 0,4% karena dampak pandemi Covid-19.  Namun dengan “Dengan mempertimbangkan berbagai indikator tersebut, kita perkirakan tahun ini ekonomi akan tumbuh pada kisaran 0,9%-1,9%,” kata Gubernur BI, Perry Warjiyo melalui saluran streaming chanel Youtube di Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Menurut Perry, faktor-faktor yang menguatkan pertumbuhan ekonomi nasional adalah menguatnya nilai tukar rupiah. Kebijakan fiskal pemerintah dan inflasi yang rendah. Membaiknya perekonomian global dan tentunya faktor statistik atau base effect. “2020 ekonomi tumbuh 0,9%-1,9% dan akan terus berlanjut hingga tahun 2021 dikisaran 5-6%,” katanya.

Lebih lanjut Perry mengatakan bahwa, pada triwulan ketiga tahun ini pertumbuhan ekonomi akan berjalan normal, namun akan mulai naik pada triwulan keempat. Hal itu seiring dengan dampak bantuan sosial/bansos dan stimulus fiskal dari pemerintah yang mulai berdampak secara stimultan menggerakan ekonomi nasional. “Kuartal satu dan kuartal dua memang menurun cukup dalam, namun pada kuartal ketiga dan keempat akan kembali berangsur pulih,” katanya.

Meski diperkirakan ekonomi akan tumbuh, pada akhir tahun. Namun, proses transisi dari new normal ke normal menurutnya sangat berpengaruh pada keberhasilan masyarakatnya. Apakah bisa melakunan dengan tertib dan aman atau semakin buruk. 

“New normal bukan berarti kembali ke kebiasaan lama, tapi bertahap pada sembilan sektor untuk dibuka secara bertahap dengan tetap menerapkan protokol Covid-19 untuk tetap produktif dan aman,” kata Perry.¬†

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *