Berita  

Gubernur Baru Jakarta Harus Genjot Ekonomi Kreatif

JAKARTA, Kabarberita.id – Gubernur baru DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama-sama Wakil Gubernur baru DKI Jakarta, Sandiaga Uno, harus bisa menggenjot sektor ekonomi kreatif dalam rangka mengoptimalkan pemberdayaan perekonomian di ibukota.

Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah dalam rilis, Selasa, menyatakan ekonomi kreatif di Jakarta belum digarap dengan serius.

Padahal, ujar politisi PAN itu, DKI Jakarta adalah ibukota negara sehingga dari segi fasilitas infrastruktur dan kendali dengan pemerintah pusat cukup dekat.

Untuk itu, ia menginginkan pasangan Anies-Sandi dapat benar-benar menggarap secara serius urusan seni pertunjukan di ibukota yang merupakan etalase Indonesia.

Selain itu, Anang juga mendorong berbagai program terkait sektor budaya seperti revitalisasi museum, cagar budaya, dan kawasan kota tua.

Sektor ekonomi kreatif yang memiliki beragam inovasi dan gagasan termutakhir merupakan bahan bakar yang diperlukan dalam rangka mengembangkan kondisi perekonomian nasional agar lebih berdaya saing di tingkat global.

“Ekonomi kreatif menjadi salah satu bahan bakar ekonomi nasional,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih.

Menurut dia, hal tersebut karena sektor ekonomi kreatif mengedepankan pada ide-ide kreatif dan inovasi serta eksperimen dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Kemudian, politisi PKS itu mengemukakan, pemanfaatan sumber daya secara inovatif dan kreatif tersebut dikapitalisasi untuk memberikan manfaat pada ekonomi dan kepribadian bangsa.

Selaras dengan Abdul Fikri, Anggota Komisi X DPR Marlinda Irwanti mengingatkan, sebanyak 34 provinsi di Indonesia tentu masing-masing memiliki potensi keunggulan ekonomi kreatif.

Untuk itu, ujar Marlinda, beragam keunggulan di beragam daerah itu harus digali secara lebih dalam lagi berdasarkan kearifan lokal.

Politisi Partai Golkar itu juga menginginkan negara segera hadir untuk membantu memfasilitasi serta melindungi UKM sektor ekonomi kreatif dari gempuran ekonomi global.

Tinggalkan Balasan