Geopark Tambora Masuk dalam Nominator UNESCO Global Geopark

  • Bagikan
Geopark Tambora

Nusa Tenggara Barat, KabarBertita.id — Berdasarkan surat elektronik Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementrian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Nomor 869/DEPUTI V/MARVES/VII/202 2 Juli 2021, Geopark Nasional Tambora yang berada di Pulau Sumbawa, NTB masuk nominator seleksi sebagai kandidat UNESCO GLobal Geopark (UCGp) submission 2021 yang nantinya akan dilakukan Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI).

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah mengaku bangga dan bersama jajaranya siap mensupport dapat melewati semua tahap seleksi sehingga lolos UGGp.

General Manager Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Hadi Santoso, mengungkapkan bahwa ini karena hasil perjuangan luar biasa pengurus baru dan lama Dewan Pelaksana Geopark Tambora.

“Tentu Gubernur NTB memberikan dukungan paling luar biasa dimana berkenan secara formal menggunakan surat maupun informal untuk terus berkomunikasi intens dengan kementrian terkait sehingga bisa membuat Geopark Tambora melaju sebagai salah satu aspiring UNESCO Global Geopark dari Indonesia untuk tahun 2021 dalam nominasi untuk diajukan ke International Geoscience and Geoparks Programme (IGGP) UNESCO.

Menurutnya, pada tahun 2021 ada 11 Geopark Nasional, namun hanya tinggal sembilan yang dianggap memenuhi kriteria pra pengusulan ke UGGp oleh KNGI.

Dari sembilan tersebut akan dipilih dua yang paling memenuhi kriteria berdasarkan self-assessment atas 101 item dan penilaian faktual KNGI yang nantinya diusulkan menjadi calon UGGp sebagai delegasi dari indonesia .

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan