Berita  

Ganjar Sepakat tak Ada Libur Panjang Saat Imlek

Semarang, KabarBerita.id — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sepakat dengan rencana peniadaan libur panjang saat perayaan Imlek 2572. Hal ini guna mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19.

“Gak usah (ada libur panjang saat Imlek, red), kami sudah usulkan ke pemerintah pusat. Kayaknya enggak perlu ada libur panjang,” katanya di Semarang, Senin (1/2).

Menurut Ganjar, usulan tersebut terkait lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi di Indonesia setelah ada libur panjang pada Desember 2020 dan Januari 2021. Ganjar juga meminta pada Hari Imlek tidak ada perayaan-perayaan seperti pertunjukan barongsai, pesta kembang api, atau perayaan yang menimbulkan keramaian.

“Kalau ibadah boleh, kan ibadah bisa virtual,” ujarnya usai memimpin Rapat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di kantor Gubernur Jateng.

Salah satu tokoh Tionghoa Jawa Tengah Harjanto Halim saat dikonfirmasi terpisah mengatakan, tidak keberatan dengan keputusan pemerintah itu. Ia menilai hal itu adalah yang terbaik untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

“Kami menghormati keputusan pemerintah itu, kami menerima karena kami juga tidak ingin perayaan Imlek justru akan menimbulkan klaster baru,” katanya.

Selain itu, sudah ada edaran terkait larangan keramaian saat perayaan Imlek pada tahun ini dan perayaan yang berpotensi menimbulkan keramaian akan dihilangkan dari pelaksanaan. “Kami meminta umat di rumah saja, merayakan Imlek bersama keluarga inti. Keluarga jauh juga kami minta tidak berkunjung ke keluarga lainnya. Berbagai perayaan yang biasanya ada, juga akan kami tiadakan tahun ini. Kami minta masyarakat mendukung, kalau kangen dengan keluarga, bisa melalui “video call’,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat sedang mengkaji tentang rencana libur panjang saat perayaan Imlek tahun ini. Sebab, terjadi peningkatan kasus Covid-19 cukup besar setelah pelaksanaan libur panjang di Indonesia.

Tinggalkan Balasan