Berita  

Gagal Bawa Italia ke Piala Dunia, Ventura Akhirnya Dipecat

ROMA, Kabarberita.id – Pelatih kawakan Giampiero Ventura kini bukan lagi pelatih tim nasional Italia. Dia resmi dipecat setelah gagal membawa Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Masa depan Ventura memang jadi pembicaraan serius di Italia setelah ia gagal meloloskan Gianluigi Buffon dkk. ke Piala Dunia 2018.

Meski desakan untuk mundur muncul dari berbagai kalangan, eks pelatih Torino itu bersikeras untuk bertahan di posisinya. Tapi FIGC (Asosiasi Sepakbola Italia) tampaknya tak punya jalan lain. Absen di Piala Dunia untuk kali pertama sejak 1958 membuat mereka memutuskan memecat Ventura.

Keputusan ini diambil setelah Presiden FIGC Carlo Tavecchio melakukan pertemuan dengan perwakilan liga-liga di Roma, Rabu (15/11/2017) waktu setempat.

“Sebagai hal pertama yang menjadi prioritas untuk saat ini, Tavecchio mengomunikasikan pilihan terkati Azzurri dan per hari ini, Giampiero Ventura tak lagi menjadi pelatih tim nasional,” ungkap pernyataan resmi FIGC seperti dilansir Football Italia.

Ventura gagal meloloskan Italia ke Piala Dunia 2018, setelah kalah 0-1 secara agregat dari Swedia di babak play-off. Italia harus melalui partai hidup-mati tersebut karena cuma finis sebagai runner-up di babak kualifikasi di belakang Spanyol.

Ventura kerap dikritik terkait pilihan taktiknya. Dia gemar bermain dengan pola 4-2-4, namun begitu terekspos. Sementara ketika bermain dengan pola 3-5-2, Italia bermain sangat monoton. Seperti ketika menghadapi Swedia di leg kedua play-off, di mana Italia cuma mengandalkan umpan silang.

Bahkan pemain seperti Lorenzo Insigne yang notabene penyerang yang produktif di Liga Italia, di Timnas terlihat bingung karena bermain sebagai gelandang.

Tinggalkan Balasan