Gaethje Sudah Punya Strategi Khusus Kalahkan Khabib

Jakarta, KabarBerita.id — Justin Gaethje muncul sebagai penantang terbaru Khabib Nurmagomedov di UFC 254. Berikut cara Gaethje menaklukkan Khabib berdasarkan karakteristik kedua petarung.

Menghadapi Khabib adalah salah satu tugas tersulit di UFC saat ini. Pasalnya, belum ada yang bisa mengalahkan Khabib sejauh ini di arena mixed martial arts.

Namun merujuk pada beberapa pertarungan yang telah dilalui Khabib, ada beberapa hal yang bisa dipastikan Gaethje agar tak begitu saja termakan strategi Khabib.

Sebagai petarung, Khabib termasuk sosok yang komplet. Jangan pernah menganggap Khabib sebagai ahli ground fighting semata karena ia juga piawai dalam tukar pukulan pada standing fight.

Namun lantaran ground fight milik Khabib memunculkan kesempatan lebih besar untuk meraih kemenangan, akhirnya Khabib memilih strategi tersebut. Dua laga terakhir lawan Conor McGregor dan Dustin Poirier jadi bukti terbaik kehebatan Khabib dalam ground fighting.

Untuk bisa memulai ground fighting, Khabib tentu lebih dulu harus melakukan take down. Hal inilah yang kemudian harus diantisipasi oleh Gaethje.

Upaya Gaethje bertahan dari takedown Khabib adalah salah satu bagian menarik dari duel di UFC 254. Disiplin ilmu gulat jadi bekal terbaik bagi Gaethje untuk meladeni takedown Khabib.

Dari pertarungan terdahulu, Gaethje sukses menahan takedown lawan dengan kekuatan kaki miliknya. Ia berhasil bertahan dan tak berada di posisi di bawah ketika takedown dilakukan.

Namun menggagalkan satu kali takedown dari Khabib bukan berarti kerja Gaethje sudah sukses. Hal terpenting adalah Gaethje harus bisa terus-menerus menahan upaya takedown Khabib.

Dari statistik UFC, Khabib punya rata-rata takedown per tiga menit. Khabib bahkan pernah mencatat 30 takedown dalam satu laga yaitu ketika menghadapi Edson Barboza.

Gelombang takedown ini yang harus dihadapi Gaethje dengan seluruh kekuatan kuda-kuda miliknya. Sekali saja goyah dan jatuh dalam posisi tak menguntungkan, Gaethje bakal berada dalam kondisi bahaya.

Stamina dan fisik Gaethje bakal berperan penting. Ia harus punya kekuatan untuk bertahan selama 25 menit andai duel berlangsung hingga ronde kelima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here