Festival Gay di Belgia, Diduga Sebagai Penyebab Penyebaran Cacar Monyet

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Pejabat kesehatan masyarakat Belgia melaporkan adanya tiga kasus cacar monyet di negaranya. Kasus tersebut diduga berasal dari festival gay yang diselenggarakan di Antwerpen.

Penyelenggara acara festival Darklands menyatakan virus dasar monyet di bagian kemungkinan terbawa oleh pengunjung luar negeri yang datang ke festival tersebut.

Diketahui Darklands merupakan acara bagi pria gay yang meriahkan festival pesta, pendidikan serta tempat perbelajaan. Acara tersebut berlangsung di Belgia selama empat hari dan berakhir pada 9 Mei yang lalu.

Dikutip Newsweek, penyelenggara festival tersebut mengatakan bahwa virus yang dibawa oleh pengunjung dari luar negeri ke festival setelah temuan kasus baru baru ini di negara lain.

Penyelenggara mengunggah pernyataan tersebut di hari yang sama dengan konfirmasi temuan kasus pacar monyet oleh pejabat kesehatan.

Dalam Unggahan tersebut otoritas kesehatan masyarakat meminta penyelenggara festival menyarankan peserta nya untuk waspada terhadap luka yang tidak biasa selama tiga minggu usai kontak fisik.

Sebelumnya menteri kesehatan Belgia, Frank Vandenbroucke melaporkan adanya tiga kasus cacar monyet telah Teridentifikasi di wilayah Flemish, Belgia.

Ia mengatakan jumlah kasus tersebut sedang di pantau secara ketat usai adanya laporan penularan dari Inggris,Portugal dan Spanyol. Kasus ini ditemukan pada sebagian besar pria yang melakukan kontak fisik dengan pria lain.

Tercatat lebih dari 1300 kasus yang diduga Cacar monyet dengan 58 kematian dilaporkan sebagai bagian dari wabah penyakit saat ini. Sebagian besar kasus baru ter konsentrasi di republik demokratik Kongo hingga awal bulan ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan