Berita  

Fakta Menarik Seputar Kemenangan Jepang Atas Kolombia

SARANSK, Kabarberita.id – Pertandingan lanjutan Kolombia vs Jepang di Grup G Piala Dunia 2018menghadirkan beberapa fakta menarik, di antaranya serba pertama untuk Tim Samurai Biru.

Kolombia menghadapi Jepang pada laga pertama Grup G Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Saransk, Selasa (19/6/2018). Laga itu dimenangi Jepang 2-1.

Di babak pertama, skor 1-1 tercipta setelah penalti Shinji Kagawa mampu dibalas lewat gol tendangan bebas Juan Quintero. Tapi gol sundulan Yuya Osako di babak kedua memastikan Jepang menang 2-1.

Seperti dalam rilis Opta, ada banyak fakta menarik yang tercipta dari laga Kolombia vs Jepang. Di antaranya adalah kemenangan pertama tim Asia atas tim Amerika Selatan di pentas Piala Dunia, serta kekalahan pertama Kolombia di fase grup sejak 1998.

Yang pertama, Kolombia kalah di laga pembuka dalam fase grup Piala Dunia untuk keempat kalinya. Mereka tak pernah lolos ke fase knock out saat kalah di laga perdananya. Bahkan, bisa menang di tiga pertandingan fase grup pada 2014, ini menjadi kekalahan pertama Kolombia di fase grup sejak 1998.

Selanjutnya, Jepang mengemas kemenangan di laga pertama dalam fase grup untuk kedua kalinya. Terakhir saat Jepang menang di laga pertamanya, mereka melaju ke babak 16 besar di Piala Dunia 2010. Ini menjadi kemenangan pertama Jepang di Piala Dunia yang digelar di Eropa.

Fakta berikutnya, Yuya Osako mencetak gol kedelapannya untuk Jepang dalam caps ke-30. Itu juga menjadi gol pertamanya di Piala Dunia. Gol Yuya Osako menjadi gol perdana Jepang di Piala Dunia yang berasal dari tendangan sudut, dan yang ketiga untuk gol sundulan Jepang di Piala Dunia.

Dua dari tiga gol sundulan Jepang di Piala Dunia didapat saat menghadapi Kolombia. Yang pertama dicetak Shinji Kagawa di Piala Dunia 2014. 20 gol dari 35 gol di Piala Dunia 2018 sejauh ini berasal dari set pieces (bola mati) atau persentasenya sebesar 57%, yang menjadi persentase terbesar di Piala Dunia.

Sebelumnya tim Asia belum pernah mengalahkan tim asal Amerika Selatan di Piala Dunia, dengan kalah 14 kali dan imbang tiga kali. Kemenangan Jepang memutus catatan buruk itu.

Fakta selanjutnya, Empat pemain Kolombia saat masuk starting XI melawan Kepang tidak tampil di kualifikasi: Jose Izquierdo, Juan Quintero, Johan Mojica, Jefferson Lerma. Juan Quintero menjadi pemain Kolombia pertama yang mencetak gol di dua edisi Piala Dunia.

Dari 19 pertandingan terakhir Kolombia di Piala Dunia, tidak ada yang berakhir 0-0 alias selalu tercipta gol.

Tinggalkan Balasan