Berita  

Esemka Tidak Ikut Serta dalam Pameran Internasional Tahun Depan, Mengapa?

KabarBerita.id – Pameran teknologi industri, Hannover Messe, merupakan pameran internasional terbesar. Kabarnya tahun 2020 mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumahnya.

Namun, dalam pameran internasional tahunan terbesar di sektor teknologi industri yang fokus terkait otomotif, elektronik, robotik, informasi teknologi dan manufaktur, pemerintah justru tidak mengikutsertakan Esemka dalam pameran bergengsi tersebut. Mengapa demikian?

Menurut Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, tidak ikutnya mobil Esemka ini karena produksinya masih kecil.

“Esemka kan belum produksi, jadi ditingkatkan dulu,” katanya seperti yang dilansir dari Kumparan, Jumat (20/9/2019).

Dalam gelaran akbar ini, dari sektor transportasi, pemerintah justru hanya akan mengajak PT Gesit untuk memamerkan kendaraannya sebagai kendaraan listrik buatan dalam negeri.

“Ya, nanti ada beberapa teknologi berbasis listrik, seperti Gesit, itu akan kami bawa, kemudian teknologi baterainya, ini kerja sama dengan Panasonic,” jelasnya.

Selain Gesit, beberapa sektor lain nantinya juga akan dibawa dalam pameran tersebut. Di antaranya seperti otomotif, elektronik, tekstil, kimia, makanan dan minuman terutama yang sudah berbasis 4.0.

“Jadi, nanti ada kenndaraan berbasis listrik, light house, proyek percontohan yang sudah diakui di world economic forum, sudah ada dua, yaitu Schneider Electrick dan Petrocy,” tambahnya.

Airlangga melanjutkan, persiapan pemerintah terkait Hannover Messe sudah sangat matang. Kementerian-kementerian terkait sudah dibekali tanggungjawab dengan masing-masing tugas yang akan dilaksanakan.

“Persiapan Hannover Messe tadi dibahas antar kementerian, sehingga nanti akan berbagai tugas dalam pembentukan panitia nasional. Pengarahnya Menko Perekonomian dengan wakil Kementerian Perindustrian, dan perwakilan dari Kementerian lain menjadi bagian dari kepanitiaan secara nasional,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan