Erdogan Pastkan Ornamen Kristen Tetap Ada di Hagia Sophia

  • Bagikan

Ankara, KabarBerita.id — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memastikan ikon Kristen akan tetap ada di Hagia Sophia meski beralih fungsi menjadi masjid.

Pemerintah Turki menyatakan keputusan itu tak serta menjadikan Hagia Sophia eksklusif untuk umat muslim. Katanya, gedung warisan dunia ini akan terbuka untuk seluruh kalangan baik muslim dan non-muslim.

Lebih lanjut, dengan berubahnya status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid, Edrogan menyebut para pengunjung tak lagi harus membayar untuk masuk ke Hagia Sophia alias gratis.

“Karena status museum telah berubah, kami membatalkan biaya masuk. Seperti masjid lainnya, pintu akan terbuka untuk semua orang. Dengan status yang baru, Haiga Sophia akan merangkul semua orang dengan lebih tulus,” kata Edrogan seperti dilansir dari CNN pada Minggu (12/7).

Meski diprotes dunia, namun Edrogan mantap dengan keputusannya. Ia menyebut keputusan ada di tangannya mengingat Hagia Sophia merupakan hak kedaulatan Turki.

“Tetapi cara Hagia Sophia akan digunakan berada di bawah hak-hak kedaulatan Turki. Kami menganggap setiap langkah yang melampaui menyuarakan pendapat merupakan pelanggaran kedaulatan kami,” lanjutnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *