Empat Negara Arab Siap Berunding dengan Qatar

  • Bagikan

Doha, KabarBerita.id — Keempat negara Arab pemutus hubungan dengan Qatar mengatakan siap berunding guna mengatasi perselisihan tersebut jika Doha menunjukkan kesediaan menanggapi permintaan mereka.

Menteri luar negeri Bahrain, Arab Saudi, Mesir dan Uni Emirat Arab bertemu di ibu kota Bahrain, Manama, membahas kemelut itu, yang meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Kelompok pimpinan Saudi itu memutuskan hubungan dengan negara Teluk tersebut pada 5 Juni dan menuduhnya mendukung kelompok garis keras serta dekat dengan musuh bebuyutan mereka, Iran. Tuduhan tersebut dibantah Doha.

Upaya diplomatik pimpinan Kuwait dan didukung Barat gagal mengakhiri perselisihan tersebut, dengan keempat negara tersebut memutuskan perjalanan dan hubungan dengan Qatar.

“Keempat negara tersebut siap berdialog dengan Qatar dengan syarat ia mengumumkan kesediaannya yang tulus untuk menghentikan pendanaan terorisme dan ekstremisme dan komitmennya untuk tidak mencampuri urusan luar negeri negara lain dan menanggapi 13 tuntutan tersebut,” kata menteri luar negeri Bahrain, Sheikh Khalid bin Ahmed al-Khalifa, pada sebuah konferensi pers bersama setelah pertemuan tersebut.

Mereka mengumumkan tidak ada sanksi ekonomi baru terhadap negara Teluk tersebut. Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain sebelumnya mengeluarkan daftar 13 tuntutan untuk Qatar, yang mencakup pembatasan dukungan untuk Ikhwanul Muslimin, menutup saluran Al Jazeera yang berbasis di Doha, menutup sebuah pangkalan militer Turki dan menurunkan tingkat hubungannya dengan musuh di Teluk, Iran.

Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengatakan Qatar tidak serius dalam menangani tuntutan negara-negara tersebut. “Kami siap berbicara dengan Qatar mengenai pelaksanaan tuntutan, atas penerapan prinsip-prinsip tersebut, jika Qatar serius, namun jelas tidak demikian,” katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *