Empat Hormon Bahagia dalam Tubuh dan Cara Memproduksinya

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kehadiran orang yang dicintai, menonton film yang dibintangi oleh aktor favoritnya, menyantap makanan favoritnya, atau hanya sekedar mendapatkan hari libur untuk bersantai dan melepas lelah, adalah beberapa jawaban yang paling mungkin kita dengar.

Bagaimanapun juga, hal itu merupakan level permukaan yang bisa kita lihat. Kebahagiaan, jika dilihat secara ilmiah, hanyalah fungsi tubuh yang terjadi saat hormon tertentu dilepaskan di dalam tubuh. Pada saat kesehatan mental benar-benar menderita, penting untuk memastikan bahwa kita merasa bahagia, dan dalam suasana hati yang lebih baik.

Tapi hal itu bukan berarti mengabaikan perasaan atau kesejahteraan emosional. Namun, ada hormon bahagia tertentu dalam tubuh kita yang bisa memberikan dorongan dan membuat kita merasa lebih baik. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan hormon bahagia ini dikutip dari Timesnownews.

1. Dopamin

Dopamin juga disebut hormon hadiah. Seperti namanya, dopamin dilepaskan saat otak menerima sinyal ketika kita telah melakukan tindakan atau tugas yang harus diberi imbalan. Berikut beberapa cara agar tubuh menghasilkan dopamin.

– Menyelesaikan tugas dan mengakuinya.

– Mempraktikkan perawatan diri seperti perawatan kulit, sesi memanjakan diri, pijat, dan lainnya.

– Makan makanan enak dan sehat.

– Merayakan kemenangan kecil atas prestasi.

2. Oksitosin

Oksitosin juga disebut hormon cinta. Oksitosin adalah salah satu hormon bahagia paling populer. Itu dihasilkan oleh tindakan mengungkapkan cinta dan kasih sayang. Cara menghadirkannya adalah sebagai berikut.

– Bermain dengan hewan peliharaan.

– Bermain dengan bayi.

– Berpegangan tangan.

– Keintiman.

– Memeluk keluarga dan teman.

– Memberi atau menerima pujian.

3. Serotonin

Serotonin disebut hormon penstabil mood. Pada hari-hari ketika kita tidak merasa dalam keadaan terbaik tetapi tidak memiliki alasan khusus untuk tidak merasa seperti itu, mungkin kita memerlukan dorongan serotonin. Hormon ini dapat diproduksi oleh aktivitas yang membantu menenangkan kita. Ini termasuk meditasi, olahraga, berjemur di bawah sinar matahari, dan berjalan di alam.

4. Endorphin

Endorphin disebut sebagai hormon penghilang rasa sakit. Mereka membantu mengatasi rasa sakit fisik dan emosional. Endorfin membantu mengatasi segala jenis rasa sakit dengan lebih baik. Kegiatan yang dapat membantu produksi endorfin adalah berolahraga, menonton komedi, latihan tertawa, memakan coklat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan