Berita  

El Classico Jilid Dua Berakhir Tanpa Pemenang

BARCELONA, Kabarberita.id – Duel El Clasico jilid kedua berakhir tanpa pemenang. Bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua, Barcelona akhirnya imbang dengan Real Madrid 2-2.

Bertanding di Camp Nou, Senin (7/5/2018) dinihari WIB, ancaman Barcelona hadir saat pertandingan belum genap empat menit. Luis Suarez menyambut bola sodoran Lionel Messi dengan sepakan dari luar kotak penalti, tapi gawang Madrid aman karena Raphael Varane memaksa bola berbelok untuk menciptakan sepak pojok.

Serangan balasan Madrid masih terlalu lemah saat tembakan Cristiano Ronaldo mengarah kepada Marc-Andre ter Stegen. Di menit ke-10, Barcelona berhasil menciptakan gol pembuka untuk memimpin 1-0.

Sergio Robert melakukan sprint di sisi kanan sebelum mengirim umpan silang akurat yang menemui Suarez. Tanpa kawalan, Suarez mudah saja menuntaskan dengan sepakan first-time yang mengecoh Keylor Navas.

Keunggulan Barca hanya bertahan empat menit. Madrid menyamakan skor 1-1 melalui Ronaldo.

Kerjasama Ronaldo dengan Toni Kroos diakhiri dengan umpan lambung yang disundul Karim Benzema di tiang jauh. Meski dibayangi Gerard Pique, Ronaldo mampu menyelesaikan bola dengan sontekan dari jarak dekat.

Sebuah peluang emas untuk Barca. Di menit ke-19, Messi mengirim umpan dari lapangan tengah kepada Jordi Alba yang bebas di depan. Namun, sentuhan bola Alba kurang oke sehingga sepakannya melambung. 

Madrid semakin berbahaya. Ter Stegen dipaksa keluar dari sarangnya untuk buru-buru menyapu bola di luar kotak penalti. Sepakan Ronaldo dari sisi kanan pertahanan Barca bergulir tipis di samping tiang gawang Barca.

Barca dan Madrid saling balas serangan. Tendangan bebas Barca dieksekusi Messi, bola menemui Samuel Umtiti di tiang dekat tapi masih melambung. Setelahnya, sundulan Ronaldo melambung tipis. 

Barca melewatkan peluang menambah golnya memasuki lima menit terakhir. Umpan pendek Phillipe Coutinho diterima Messi, yang tak sanggup menceploskan bola walau tinggal berhadapan dengan Navas. 

Bencana bagi Barcelona. Menjelang turun minum, Barca mesti bermain dengan 10 orang setelah Sergi Roberto diacungi kartu merah usai menerima kartu kuning kedua karena melanggar Marcelo di tepi kotak penalti. 

Madrid mengawali serangan pertama di babak kedua. Dari serangan balik cepat, pemain pengganti Marco Asensio meliuk-liuk untuk melepaskan sepakan tapi masih mengarah tepat ke Ter Stegen.

Kekurangan pemain tak membuat Barca kesulitan mencetak gol tambahan. Di menit ke-52, Messi menggandakan keunggulan menjadi 2-1.

Suarez lolos dari penjagaan Varane untuk mengirim umpan diagonal kepada Messi. Sang megabintang melewati dua pemain Madrid sebelum melepaskan tembakan kaki kiri akurat yang menembus penjagaan Navas.

Penyelamatan bagus dari Navas di menit ke-70. Messi terbebas setelah menerima umpan lambung dari belakang, tapi Navas mampu menepis tendangannya dalam situasi one on one.

Hanya dua menit kemudian, Madrid menyamakan skor menjadi 2-2. Umpan Kroos kepada Asensio diselesaikan Bale dengan tembakan melengkung yang tidak dapat dijangkau Ter Stegen. 

Madrid mengklaim penalti setelah Marcelo diganjal Alba. Namun, wasit tidak menganggapnya pelanggaran. Madrid pun kini lebih agresif menyerang pertahanan Barcelona, 

Serangan balik berbahaya dari Barcelona. Dalam kepungan pemain bertahan Madrid, Messi melepaskan tembakan melengkung ke tiang jauh tapi bola masih melebar. Sepakannya usai menerima sodoran Ivan Rakitic lantas ditepis Navas. Skor masih sama kuat 2-2 hingga menit ke-83. 

Di akhir injury time, Barca berpeluang mencetak gol kemenangan. Namun, operan Paulinho kepada Rakitic gagal sehingga bola dikuasai Madrid. Serangan balik Madrid diakhiri dengan sepakan kencang Bale tapi masih melebar.

Dengan hasil ini, Barca masih menjaga peluang tidak terkalahkan sampai akhir musim. Dalam 35 pertandingannya, Barca mendulang 26 kemenangan dan sembilan laga seri sehingga mengoleksi 87 poin.

Madrid berada di peringkat ketiga klasemen dengan perolehan 72 poin, tertinggal 15 poin dari rival abadinya itu.

Susunan Pemain

BARCELONA: Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Philippe Coutinho (Semedo 46′), Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andres Iniesta (Paulinho 58′); Lionel Messi, Luis Suarez (Alcacer 90+2′)

REAL MADRID: Keylor Navas; Nacho (Lucas Vazquez 68′), Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos (Kovacic 84′); Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo (Asensio 46′).

Tinggalkan Balasan