Info  

Durasi Penularan Pada Pasien Virus Covid-19

ilustrasi - Pasien Covid-19

Jakarta, KabarBerita.id — Kasus covid-19 yang melonjak secara signifikan dalam beberapa waktu belakangan ini memaksa masyarakat Indonesia untuk lebih memperketat protokol kesehatan.

Sementara itu, demi memutus rantai penularan bagi penderita yang telah terkonfirmasi positif covid19 harus patuh dalam menjalani isolasi hingga dinyatakan benar-benar sembuh.Oleh karenanya kita perlu mencari tahu berapa lama seseorang yang terinfeksi bisa menularkan virus ke orang lain.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Twitter oleh Profesor Zubairi Djoerban Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), terkait berapa lama waktu penularan covid, dirinya merujuk pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli Virologi dan Konsultan Mikrobiologi dari Erasmus medical center.Yang mana rata-rata penularan virus terjadi 8 hari setelah timbul gejala.

Menurut Zubairi,penelitian yang dilakukan ahli tersebut tidak ditemukan virus yang dibiakkan dari sampel saluran nafas setelah hari ke 8 sejak gejala timbul.

Dilansir Nature Communication, penelitian lain juga dilakukan pada 129 pasien covid 19. Peneliti menemukan terjadi penurunan penularan hingga 5% di hari ke-15 setelah timbul gejala. Yang mana 5% tersebut berarti kemungkinan seseorang untuk menularkan atau memproduksi virus.

Terkait kapan virus bisa sangat menular,Zubairi menyatakan bahwa pada saat minggu pertama kita merasakan muncul gejala,maka sebaiknya langsung melakukan isolasi mandiri.

Hal tersebut berlaku bagi orang yang bergejala akan tetapi bagi OTG memang akan sulit untuk diketahui. Zubairi sendiri belum bisa memastikan kapan seseorang OTG bisa menularkan dan berapa durasi penularan virusnya.Yang jelas dalam sebuah penelitian sudah terbukti bahwa OTG bisa menularkan virus.

Sementara itu bagi pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari covid-19, dapat berkumpul kembali dengan orang lain terhitung 10 hari dari gejala pertama kan sudah tidak lagi mengalami demam lebih dari 24 jam.

Tinggalkan Balasan