Drawing AFF Berada di Pot 4, Eks Timnas Anggap Kemunduran

  • Bagikan

Jakarta, KabatBerita.id — Terkait Timnas Indonesia yang dikabarkan masuk pot 4 untuk undian Piala AFF 2020 atau sejajar dengan Kamboja, Mantan kapten Timnas Indonesia, Charis Yulianto mengaku tak habis pikir.

Oleh karena itu, PSSI diminta Charis segera instropeksi diri terhadap kemunduran tersebut. “Apalagi sampai disejajarkan dengan Kamboja, maka jelas ini suatu kemunduran,” katanya.

Charis berpendapat dari segi kemampuan, selayaknya Timnas Indonesia berada diatas Myanmar dan Kamboja, bukan malah sebailknya.

Diketahui dalam unggahan @asean.football di Instagram, Senin (13/9) memperlihatkan Timnas Indonesia masuk dalam pot 4 dalam drawing pembagian grup Piala AFF 2020 kendati seharusnya drawing baru digelar Selasa (21/9).

Dalam Piala AFF 2020, Sistem pembagian pot mengacu peringkat FIFA per 12 Agustus 2021. Dari hal tersebut maka pot 1 akan diisi oleh Vietnam dan Thailand yang berada di peringkat 92 dan 120 FIFA.

Filipina (128) dan Myanmar (145) akan memgisi Pot 2, Untuk Pot 3 diisi Malaysia (154) serta Singapura (160).

Indonesia sendiri akan berada di Pot 4 karena menempati ranking 174 bersama Kamboja (179). Pot 5 terdapat Laos (186) dan salah satu pemenang play off antara Brunei (190) ataupun Timor Leste (195).

Charis tidak yakin hal tersebut karena pandemi sebab tim lain pasti mengalami hal yang sama. Hal ini diharapkan menjadi cambuk agar Timnas dan PSSI menjadi lebih baik seperti dimulai dari laga uji coba yang baik.

“Masa kita disejajarkan dengan Kamboja?” Tanyanya.

Charis mengatakan Timnas harus melakukan persiapan yang matang dan tidak memikirkan pembagian pot terkait target tinggi yang diusungnya. Termasuk siapa pemain yang akan mengisi skuad harus ditentukan dengan sangat baik.

Shin Tae Yong selaku pelatih Timnas dianggap Charis tak akan terganggu dengan masalah pembagian pot ini kendati pasti miris melihat peringkat Timnas yang mlorot drastis.

Shin Tae Yong diyakini akan memilih pasukan yang terbaik dan kapasitasnya sebagai pelatih kelas dunia akan bekerja sesuai kapasitasnya. Terlebih Liga yang sudah berjalan dengan baik.

PSSI menurut Charis harus segera memenuhi dan mengatur pertandingan Uji Coba, karena pasti PSSI juga berusaha semaksimalnya dalam persiapan tim. Charis yakin Shin Tae Yong tidak akan berpikir macam-macam.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan