Berita  

Drama 11 Gol, Indonesia Ditaklukkan Qatar 5-6

JAKARTA, Kabarberita.id – Laga lanjutan grup A Piala Asia U-19 diwarnai hujan gol di laga Qatar dengan Indonesia. Garuda Muda takluk dengan skor akhir 5-6.

Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (21/10/2018), Indonesia sudah ketinggalan 1-4 di babak pertama.

Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (21/10/2018) malam WIB, Indonesia menekan lewat Egy Maulana Vikri. Dari sisi sayap kiri, dia memberi ancaman untuk Qatar.

Blunder fatal dilakukan oleh Nurhidayat pada menit ke-11. Dia melakukan kesalahan penguasaan bola saat menghalau umpan silang Abdul Rasheed Umaru, dengan tenang Hashim Ali A Ali membobol gawang Indonesia.

Abdul Rasheed menggandakan keunggulan Qatar tiga menit berselang. Nurhidayat gagal menghalau pergerakan Abdul Rasheed saat menerima terobosan, tendangan keras kaki kanan pemain nomor punggung tujuh itu bisa menghujam keras ke gawang Riyandi.

Percobaan Saddil Ramdani pada menit ke-18 masih belum mambuahkan hasil. Ingin melakukan placing bolanya diblok barisan belakang Qatar.

Indonesia kian terpuruk dengan gol dari Mohammed Waad Albayati pada menit ke-25. Tendangan keras pemain nomor 17 dari luar kotak penalti menghujam deras ke gawang setelah sebelumnya membentur Nurhidayat.

Tendangan bebas Luthfi pada menit ke-29 masuk ke gawang. Lengkungannya masuk ke pojok kiri atas gawang Qatar.

Egy melewatkan peluang di menit ke-31. Tendangannya dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis Salah Zakaria hingga cuma berbuah tendangan sudut. Sama halnya dengan tendangannya dua menit kemudian, masih menyamping.

Lini belakang Indonesia kocar-kacir menghalau serangan Qatar. Beruntung bagi tim asuhan Indra Sjafri itu, bola sepakan Hashim Ali masih membentur pemain belakang.

Rachmat Irianto yang gantian melakukan kesalahan. Dia gagal menguasai operan Riyandi, bisa dikuasai Abdul Rasheed. Eksekusi pemain nomor tujuh itu masih melambung.

Qatar mampu memperbesar keunggulan di menit ke-41. Abdul Rasheed mencetak gol dengan tendangan dari dalam kotak penalti setelah mengecoh pemain belakang Indonesia. Di sisa babak pertama tak ada lagi gol tambahan, skor 4-1 untuk keunggulan Qatar saat jeda.

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 tetap bermain di bawah tekanan. Pada menit 51, gawang Riyandi bobol untuk kelima kalinya melalui Hasim Ali. Skuat asuhan Indra Sjafri tertinggal 1-6 saat pertandingan baru memasuki menit 55.

Dan selang empat menit kemudian, tim tamu kembali menambah keunggulan. Abdulrasheed mencetak gol ketiganya pada pertandingan ini.

Perjuangan anak-anak Indonesia kembali terlihat setelah Todd Rivaldo Ferre mampu memperkecil ketertinggalan Timnas U-19 pada menit 64. Tendangan bebas pemain asal Papua tersebut melesat mulus ke dalam gawang Qatar yang dikawal Salah Zakaria Hasan.

Riyandi melakukan penyelamatan krusial di menit ke-67. Dia menghalau pergerakan Abdul Rasheed dalam sebuah situasi one-on-one.

Indonesia bikin gol lagi via tendangan bebas di menit ke-69. Saddil kali ini yang menjadi pencetak golnya dari muka kotak penalti Qatar.

Todd membuat harapan penonton kembali naik pada menit 73. Aksi individunya diakhiri dengan tendangan yang membuat bola melesat mulus ke dalam gawang Qatar. 6-4 skor sementara.

Egy melewatkan peluang emas di menit ke-74. Tendangan jarak dekatnya bisa ditepis oleh kiper Qatar, Salah Zakaria Hasan.

Todd Rivaldo membukukan hat-trick di menit ke-81! Dia kembali melakukan aksi individu untuk menjebol gawang Qatar. Tendangan jarak dekatnya bersarang ke gawang Qatar.

Riyandi bikin penyelamatan lagi di menit ke-88. Tendangan Nasser Al Yazidi bisa dari dalam kotak penalti ditangkap dengan sempurna.

Namun peluang terakhir Indonesia lewat tendangan bebas Luthfi bisa ditepis Salah Zakaria pada masa injury time. Skor 6-5 bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Indonesia menempati urutan ketiga klasemen sementara, dibawah UEA dan Qatar. Indonesia masih bisa lolos dengan catatan bisa mengalahkan UEA di laga terakhir.

Susunan Pemain:

Qatar U-19: Salah Zakaria Hassan (PG); Ahmed Suhail Alhamawende, Hashim Ali, Abdulla Nasser M. Almurisi, Youssef Ayman Faharat, Ahmed Albakheet, Nasir Peer Baksh, Abdollah Ali Saei, Khales Mohammed M. Saleh, Mohammed Waad Albayati, Abdulrasheed Umaru.

Indonesia U-19: Muhammad Riyandi (PG); Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris (Indra Mustafa 46′), Rachmat Irianto, Firza Andika, Muhamad Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Muhammad Rafli Mursalim (Rivaldi Todd Fere 54′), Egy Maulana Vikri.

Tinggalkan Balasan