Berita  

DPR Minta Kemenristek Kaji Ulang Soal Impor Rektor

Jakarta, KabarBerita.id — Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian meminta Menristekdikti Mohamad Nasir mengkaji ulang rencana mengundang rektor asing untuk memimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Hetifah minta itu dipertimbangkan matang terlebih dahulu.

“Komisi X DPR RI meminta Kemenristekdikti untuk mengkaji kembali rencana mengundang rektor ataupun dosen asing,” kata Hetifah.

Hetifah yakin masih banyak sumber daya manusia di Indonesia yang memiliki kapasitas menjabat sebagai rektor PTN. Oleh karena itu, ia meminta Nasir mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengeksekusi rencana tersebut.

“Kemenristekdikti perlu mempertimbangkan kepentingan perguruan tinggi dalam negeri, keselarasan dengan prioritas pembangunan nasional, dengan membuat peraturan persyaratan tertentu yang ketat, dan sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia,” ucap Hetifah.

Hetifah menjelaskan bahwa Komisi X sudah sering menggelar pertemuan dengan para pemangku kepentingan pendidikan tinggi di Indonesia belakangan ini. Beberapa diantaranya dengan Ikatan Dosen Republik Indonesia dan beberapa pakar pendidikan.

Pada pertemuan itu, ia mengaku mendapat masukan agar pemerintah mau menghargai dan mengakui anak bangsa yang berprestasi dan potensial untuk mengisi jabatan sebagai rektor.

“Ikatan Dosen bahkan meminta para diaspora yang bekerja sebagai akademisi asing, ditarik pulang ke Indonesia, daripada mengundang asing untuk masuk,” kata dia.

Tinggalkan Balasan