DPR: Lima Tahun Rupiah dari 9.700 Kini 14.200 per Dolar

Jakarta, KabarBerita.id — Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo akan memasuki pensiun pada Rabu (23/5) besok dengan mewariskan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) Rp14.200.

Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhammad Misbakhun mengatakan hal itu pada rapat kerja Komisi XI dengan Bank Indonesia, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Menurut Misbakhun, dirinya patut menyampaikan catatan kritis perihal perjalanan nilai tukar rupiah selama lima tahun terakhir, karena pada saat Agus Martowardojo dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia, pada Mei 2013, nilai tukar rupiah terhadap USD Rp9.700.

Namun lima tahun kemudian, kata dia, pada saat Agus Martowardojo akan memasuki pensiun nilai tukar rupiah terhadap USD sudah mencapai Rp14.200.

“Selama lima tahun Pak Agus Marto memimpin Bank Indonesia sejak Mei 2013, memiliki catatan tersendiri bagi perjalanan nilai tukar rupiah. Ini akan menjadi catatan sejarah,” Misbakhun.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, pada akhir masa jabatannya Agus Martowardojo telah mewariskan legacy kepada bangsa Indonesia yakni nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada angka Rp14.200.

“Angka ini akan dicatat oleh bangsa dan negara,” kata Misbakhun Rapat kerja antara Komisi XI DPR RI dengan Bank Indonesia, agendanya adalah pelaporan capaian hasil kerja Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo selama lima tahun, pada 2013-2018.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan itu menegaskan, selisih nilai tukar dan perjalanan rupiah belakangan ini harus menjadi catatan bagi Gubernur Bank Indonesia yang baru pengganti Agus Martowardojo.

“Harus ada solusi konkret untuk menguatkan nilai tukar rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here