DPR Dukung BKKBN Pimpin Sektor Penurunan Stunting

JAKARTA — BKKBN kembali menggelar Sosialisasi dan KIE program Bangga Kencana bersama mitra kerja di Provinsi DKI Jakarta di Restoran Sederhana SA Juanda Gambir, Jakarta Pusat, 16 April 2023.

Hadir dalam agenda ini Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dr Kurniasih Mufidayati, Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk BKKBN Munawar Asikin SSi MSE, Kepala Bidang PPKB Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta Ferlina Kirtiasih dan Kasi Penggerakan dan Ketahanan Keluarga Sudin PPAPP Jakarta Pusat Bambang Kristianto.

Kurniasih menjelaskan pihaknya mendukung setiap upaya BKKBN sebagai leading sector pemberantasan stunting sebagaimana diamanatkan Presiden Joko Widodo.

“BKKBN memiliki amanat besar untuk bisa mengurus penduduk Indonesia bahkan sejak sebelum dilahirkan. Kita dukung setiap upaya pemberantasan stunting dimana BKKBN menjadi leading sector kebijakan ini,” ujar Kurniasih.

Salah satu peran dari masyarakat adalah memastikan asupan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan. Yakni 9 bulan saat mengandung dan dua tahun pertama setelah kelahiran.

“Ingat peran untuk memberikan gizi saat di kandungan dan setelah melahirkan bukan hanya tanggung jawab ibu semata tapi tanggung jawab keluarga. Harus ada peran ayah di sana bahkan peran keluarga besar untuk memastikan gizi saat kehamilan dan dua tahun pertama setelah kelahiran,” ungkap Kurniasih.

Munawar menambahkan, dampak buruk stunting ada tiga yaitu tinggi badan tidak cukup, yang kedua kemampuan intelektual dibawah rata-rata, dan yang ketiga dihari tua bisa memiliki potensi besar memiliki penyakit non communicable diseas, diabetes, kardiovaskular, metabolic disorder, dan lainnya.

Ferlina menambahkan cara memperhatikan gizi Ibu hamil, 1000 hari pertama dari mulai konsepsi atau dimasa kandungan sudah dimonitor hingga anak lahir diberikan ASI Ekslusif minimal 6 bulan dan Ketika MPASI diberi makanan bergisi, dan juga faktor kebersihan lingkungan.

 

Tinggalkan Balasan