DPR : Debat Publik Diharapkan Berikan Tontonan Menarik

0
1 views

Jakarta, Kabarberita.id – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap debat publik calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu Presiden 2019 memberikan tontonan yang menarik bagi masyarakat.

Bambang Soesatyo menjelaskan tontonan menarik itu adalah masing-masing kandidat harus menguasai permasalahan, sehingga mampu menjawab pertanyaan panelis dengan lugas.

“Nanti kita akan melihat suatu tontonan namun harus menarik, yaitu pasangan calon menguasai apa yang ditanyakan,” kata Bambang, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia menyadari masing-masing pasangan calon akan memberikan jawaban yang berbeda-beda, namun intinya mereka harus bisa menjawab pertanyaan yang diajukan panelis.

Selain itu, dia menilai pertanyaan yang akan diajukan sudah diberitahukan lebih dahulu kepada masing-masing paslon, tidak mempengaruhi kualitas debat.

Menurut dia, jawaban paslon tergantung mereka menjawabnya dengan nalar dan yang baik serta menggunakan kalimat yang terstruktur.

“Sebenarnya sangat bergantung pada pasangan menjawab dengan nalar dan logika yang baik, kalimat berstruktur, serta dapat diterima publik,” ujarnya lagi.

Menurut dia, kelebihan dan kekurangan masing-masing paslon dapat terlihat dari jawaban yang disampaikan ketika debat.

Sebelumnya, KPU akan menggelar debat publik pertama pasangan capres-cawapres Pilpres 2019 dengan mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

KPU RI akan menggunakan dua format pertanyaan dalam debat perdana capres-cawapres yang berlangsung pada 17 Januari, yaitu menggabungkan pertanyaan terbuka dan tertutup.

Pada format pertanyaan terbuka, KPU akan mengirimkan daftar pertanyaan terlebih dahulu kepada kedua paslon sepekan sebelum debat digelar. Jumlah pertanyaan yang diberikan sekitar 20 buah, namun hanya tiga pertanyaan saja yang nantinya akan disampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here