DPMD Malinau Selenggarakan Lomba Gelar Inovasi Teknologi Tepat Guna

  • Bagikan

Malinau, KabarBerita.id — Pemerintah Kabupaten Malinau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyelenggarakan Lomba Gelar Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2021 yang dilaksanakan di Panggung Padan Liu’ Burung, pada Kamis (18/03).

Kepala DPMD Padan Impung, S.Pd, MM menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, pertama untuk menyeleksi inovasi yang akan mewakili Kabupaten Malinau dalam Lomba Gelar Inovasi TTG tingkat Provinsi Kalimantan Utara, kedua memotivasi inovator Kabupaten Malinau dalam mengembangkan TTG sebagai usaha peningkatan ekonomi di desa, ketiga mewujudkan kerjasama pemerintah provinsi dan kabupaten dengan pihak ketiga untuk pengembangan dan penerapan TTG dalam pengelolaan sumber daya alam di desa.

Tema dari kegiatan ini yaitu “Malinau Bisa” dengan subtema “Dengan Kreativitas Nasionalis Kebangsaan Mewujudkan Malinau Berinovasi Untuk Bangkit Di Tengah Pandemi Covid 19 Melalui Teknologi Tepat Guna Menuju Masyarakat Malinau Yang Maju Dan Sejahtera”.

Perlu disampaikan kata Padan, bahwa inovasi di Kabupaten Malinau melalui TTG telah menoreh beberapa prestasi di antaranya, juara 1 TTG inovasi tingkat provinsi dan juara 2 nasional pada tahun 2018 dengan nama alat pompa air gravitasi tanpa listrik. Kemudian juara 3 TTG inovasi tingkat provinsi tahun 2018 nama alat mesin rumput 3 in 1.

Selanjutnya, juara 2 TTG inovasi tingkat provinsi tahun 2019 dengan nama alat sepeda pencabut bulu ayam dan juara 3 TTG inovasi tingkat provinsi tahun 2019 nama alat mesin pencacah jerami.

Adapun alat dan inovasi yang dilombakan pada hari ini berjumlah 7 alat dan 2 metode pemanfaatan limbah yakni limbah lilin batik dan penangkap lalat buah.

“Dari beberapa alat yang dilombakan juga sudah ada yang terjual dan digunakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Malinau Dr. Topan Amrullah, S.Pd, M.Si mengatakan bahwa pemerintah sangat peduli terhadap pengembangan teknologi tepat guna karena dengan adanya teknologi ini pemerintah berharap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf hidupnya secara sosial ekonomi dengan mengelola sumber daya alam yang tersedia tanpa merusak lingkungan di sekitarnya.

Karena itu, pemerintah sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para peserta atas partisipasinya dalam usaha menggali dan menciptakan inovasi dan kreativitas teknologi yang nanti akan ditampilkan.

“Melalui kegiatan lomba ini diharapkan menjadi momen perubahan yang berpotensi mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan serta menjadi barometer bagi perkembangan teknologi khususnya di Kabupaten Malinau yang pada akhirnya dapat menjadi kekuatan dan pilar bangsa yang benar-benar tangguh dan mampu menjawab tantangan zaman,” tuturnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan