Dokter Ungkap Banyak Lansia di Indonesia Kekurangan Kalsium, Mengapa?

Jakarta, KabarBerita.id — Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi, termasuk bagi lansia. Namun, banyak lansia di Indonesia mengalami kekurangan kalsium. Apa penyebabnya?

 

Dokter spesialis tulang Hip and Knee di Eka Hospital BSD, Ricky Edwin P. Hutapea, mengungkapkan bahwa kekurangan kalsium merupakan masalah umum di Indonesia, terutama di kalangan wanita yang memasuki usia menopause.

 

“Kasus kekurangan kalsium cukup banyak di Indonesia, terutama di kalangan wanita menopause,” ungkap Ricky melalui pesan suara, Rabu (17/7).

 

Ricky menjelaskan bahwa kekurangan kalsium di kalangan lansia disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kurangnya aktivitas fisik dan asupan makanan yang tidak seimbang.

 

“Faktor utamanya adalah kurangnya aktivitas, konsumsi makanan yang tidak tepat, dan minimnya paparan sinar matahari,” jelasnya.

 

Ricky mendorong masyarakat untuk lebih memperhatikan asupan kalsium, khususnya bagi wanita berusia 65 tahun ke atas yang telah menopause.

 

“Pastikan kebutuhan kalsium terpenuhi. Banyak makanan yang bisa dikonsumsi, seperti susu,” tambahnya.

 

Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan dokter untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada lansia:

 

1. **Ikan dengan Tulang yang Bisa Dimakan**

Kalsium dapat ditemukan dalam duri atau tulang ikan. Ricky menyarankan konsumsi berbagai jenis ikan yang durinya bisa dimakan untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

“Misalnya sarden, atau ikan teri yang lebih murah. Ikan kecil-kecil dengan tulang yang bisa dimakan sangat baik,” katanya.

 

2. **Bayam**

Bayam adalah salah satu sayuran tinggi kalsium yang direkomendasikan. Dokter spesialis tulang di Eka Hospital, Jamot Silitonga, juga menyarankan bayam untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

“Mengonsumsi bayam sangat baik karena kandungan kalsiumnya tinggi,” jelasnya.

 

3. **Keju dan Yogurt**

Keju dan yogurt merupakan produk olahan susu yang kaya kalsium. Ricky menyarankan kedua makanan ini sebagai alternatif bagi yang tidak menyukai susu.

“Jika tidak suka susu, coba konsumsi keju dan yogurt, keduanya juga tinggi kalsium,” kata Ricky.

Tinggalkan Balasan