Dinsos Pekanbaru Koordinasi bersama BPJS Kesehatan Riau untuk Tingkatan Layanan

Pekanbaru, KabarBerita.id — Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Sosial (Dinsos) mengadakan dakan uudiensi bersama BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Rabu (29/6). Audiensi ini dalam rangka koordinasi terkait Pembayaran Bantuan Iuran (PBI).

Kunjungan Kepala Dinsos Pekanbaru Dr. H. Idrus, M.Ag disambut langsung oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, Eddy Sulistijanto Hadie MM.

Dinsos Pekanbaru hingga saat ini masih banyak menerima pertanyaan masyarakat terkait ketidak-aktifan kartu PBI yang ingin digunakan. Sesuai prosedur yang telah ditetapkan, Dinsos dalam hal ini hanya mengeluarkan rekomendasi terhadap mereka yang terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk pembuatan PBI Kartu Indonesia Sehat.

“Kami masih banyak menerima keluhan masyarakat terkait permasalahan yang mereka miliki dalam menggunakan Kartu PBI untuk berobat. Untuk itu masyarakat harus mengaktivasi ulang kartunya dan mengecek terlebih dahulu DTKS mereka ke Dinas Sosial,” kata Idrus.

Sementara itu, Deputi Direksi Eddy mengungkapkan, keterbatasan kuota pembayaran melalui Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah sudah sangat terbatas.

“Setiap bulannya kami mendapatkan data yang sudah diverifikasi ulang oleh Kementerian Sosial dan Dinas Kesehatan, karena sangat banyak permintaan pembuatan baru dan kuota sudah sangat terbatas, sehingga beberapa masyarakat bantuan PBI nya dinon aktifkan dengan latar belakang tidak digunakan PBI tersebut,” ujar Eddy.

Selain itu Kepala Dinsos Pekanbaru juga didampingi Pilar Sosial Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kota Pekanbaru, dalam rangka membantu pembuatan PBI bagi mereka relawan sosial yang membantu meningkatkan kesejahteraan sosial.

Tinggalkan Balasan