Dinas Lingkungan Hidup : Tak Ada Kenaikan Volume Sampah Selama Lebaran di Payakumbuh

  • Bagikan

Payakumbuh, KabarBerita.id — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mencatat tidak adanya kenaikan volume sampah yang signifikan selama libur lebaran 1443 H.

Kepala DLH Kota Payakumbuh Devitra di Payakumbuh, mengatakan bahwa kenaikan volume sampah di daerah tersebut paling nampak terjadi pada waktu H-1 dan hari pertama lebaran.

Ia mengatakan bahwa dalam situasi normal atau hari biasa volume sampah di Kota Payakumbuh mencapai 70 sampai 80 ton dalam satu hari.

Ia melanjutkan dari hari kedua lebaran sampai dengan Minggu (8/5) dapat dikatakan volume sampah di Kota Payakumbuh itu normal, yakni di sekitar 80 ton.

Menurutnya, volume sampah memang mengalami peningkatan jika dibandingkan saat lebaran 1442 H yang masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Ia mengatakan bahwa DLH Kota Payakumbuh telah mengantisipasi peningkatan volume sampah saat libur lebaran dengan menambah frekuensi pengangkutan ke Tempat Pembuangan Akhir.

Selain itu DLH juga memaksimalkan tim tembak pengawasan yang bertugas untuk membersihkan sampah yang tercecer oleh pemudik di sepanjang jalan.

Dimaksimalkannya tim tembak pengawasan yang berjumlah enam orang tersebut untuk memastikan Kota Payakumbuh tetap bersih selama libur lebaran.

Sementara untuk sampah dari tempat usaha seperti hotel, kafe, dan restoran, pihaknya juga telah memberikan edaran untuk menyediakan tempat sampah dan mengurangi penggunaan sampah plastik selama libur lebaran.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan