Dilantik Jadi Walkot, Helldy: Cilegon Harus Lebih Baik dari Banyuwangi

Cilegon, KabarBerita.id — Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta resmi dilantik jadi Wali Kota-Wakil Wali Kota Cilegon periode 2021-2024. Walkot Helldy membandingkan Kota Cilegon dengan Banyuwangi.

Menurutnya, Cilegon dengan jumlah penduduk sekitar 430 ribu jiwa dengan pendapatan asli daerah (PAD) Rp 725 miliar harusnya lebih baik dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) yang jumlah penduduknya 1,5 juta jiwa dengan PAD Rp 750 miliar.

“Kemarin kita tengok Banyuwangi PAD hanya Rp 750 (miliar), kita Rp 725 (miliar) mereka punya 25 kecamatan dan kita punya 8 kecamatan mereka punya penduduk 1,5 juta dan kita cuma 430, harusnya kita lebih baik daripada Banyuwangi,” kata Helldy dalam pidato perdananya di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Jumat (26/2/2021).

Kota Cilegon, lanjut Helldy, masih menempati urutan kemiskinan dan pengangguran kedua terendah se-Banten. Helldy menyinggung angka ketimpangan naik dari 0,36 menjadi 0,39.

“Karena kemiskinan di Cilegon ini nomor 2 terendah, pengangguran kita nomor 2 terendah se-Banten, dan ketimpangan/kemiskinan kita itu meningkat dari 0,36 menjadi 0,39,” ujarnya.

“Ke depan pemkot Cilegon melayani bukan dilayani, itu menjadi motto kami berdua,” tutupnya.

Pelantikan Helldy-Sanuji digelar secara virtual. Pelantikan dipimpin Gubernur Banten Wahidin Halim. Selain Helldy-Sanuji, Wahidin juga melantik Bupati-Wakil Bupati Serang Tatu Chasanah-Panji Tirtayasa.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon telah menetapkan Helldy-Sanuji sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota terpilih periode 2021-2026. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka yang dihadiri Helldy-Sanuji.

“Menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon terpilih dalam Pilkada Cilegon 2020, nomor urut 4 Saudara Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta dengan perolehan suara terbanyak 75.449 suara atau 34 persen dari total suara sah,” ujar Ketua KPU Cilegon Irfan Alfi, Sabtu (23/1).

Tinggalkan Balasan