Diabetes Mellitus, Gangguan Paling Jamak pada Sistem Endokrin

  • Bagikan
Ilustrasi Diabetes

Jakarta, KabarBerita.id — Di dalam tubuh manusia terdapat sistem endokrin yang berperan sebagai penghasil hormon pembawa pesan bagi organ tubuh lainnya. Terdapat 8 kelenjar endokrin yang tersebar di seluruh tubuh.

Gangguan kesehatan pada setiap kelenjar endokrin dapat memicu masalah yang berbeda-beda. Namun diantara semuanya kelenjar endokrin yang terdapat di kelenjar pankreas ialah yang sering mengalami gangguan kesehatan.

Pada kelenjar pankreas sering ditemui adanya penyakit diabetes mellitus. Bahkan 75% gangguan yang terjadi pada sistem endokrin ialah diabetes mellitus. Yang mana penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang diakibatkan kurangnya hormon insulin. Pankreas bertugas untuk menghasilkan hormon insulin di dalam perut.

Hormon insulin memiliki peranan penting sebagai pembuka Jalan bagi sel-sel dalam tubuh supaya dapat menggunakan gula di dalam darah. Saat hormon insulin di dalam tubuh berkurang atau tidak dapat bekerja dengan baik, maka akan membuat gula di dalam darah tidak bisa digunakan oleh sel-sel secara optimal.

Menurut dr Sebastian Jobul SpPD KEMD selaku konsultan endokrin metabolik diabetes dari pusat layanan medis Endocrine Center, menjelaskan bahwa tidak berfungsinya gula di dalam darah maka akan keluar atau dibuang melalui air kencing. Oleh karena itu seringkali diabetes disebut dengan kencing manis.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan