Demokrat Sebut Koalisi Anies Mulai Susun Strategi Pemenangan Pilpres

Jakarta, KabarBerita.id — Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution mengatakan koalisi partainya dengan Partai NasDem dan PKS kini mulai menyiapkan strategi pemenangan.

Syahrial menyebut Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) juga akan membahas kandidat calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan.

“KPP segera memasuki tahapan berikut yaitu menyiapkan strategi pemenangan, termasuk deklarasi capres dan cawapres,” kata Syahrial, Minggu (26/3).

Syahrial menyebut Anies untuk sementara menjadi satu-satunya capres yang telah memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold.

Namun ia tetap terbuka dengan partai lain yang ingin bergabung. Menurut Syahrial, masih tersisa waktu hingga pendaftaran capres dan cawapres pada Oktober 2023 untuk partai lain bergabung.

“KPP tentu tetap membuka tangan selebar-lebarnya untuk yang masih bingung menentukan arah. Kembali merapikan dan memperbaiki shaf bersama-sama dengan rakyat,” ujarnya.

Sebelumya NasDem, Demokrat, dan PKS secara resmi telah menandatangani piagam koalisi sebagai partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Satu dari enam poin kesepakatan dalam piagam memberikan mandat sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan calon wakil presiden. Ketiga partai juga memberikan ruang seluas-luasnya kepada Anies untuk menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya.

Di sisi lain Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Muhammad Sohibul Iman menyebut ada ketua umum partai politik di luar KKP yang menyatakan ingin menjadi cawapres Anies Baswedan.

Sohibul menuturkan partai tersebut siap bergabung ke KPP dengan syarat ketua umumnya mendampingi Anies sebagai cawapres.

“Ya tentu sekarang ada beberapa pimpinan partai yang ingin merapat yang mereka kemudian mensyaratkan ketua umumnya ingin menjadi cawapres,” kata Sohibul usai penandatanganan piagam KPP di Jakarta, Jumat (24/3).

Tinggalkan Balasan