Berita  

Demokrat Ikut Kejar Posisi Ketua MPR

Jakarta, KabarBerita.id — Partai Demokrat turut mengincar posisi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. Demokrat berharap bisa mengamankan ‘kesepakatan’ dengan PDIP dalam musyawarah pimpinan MPR melalui sistem paket.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, sistem paket membuka peluang untuk ikut masuk dalam formasi pimpinan MPR. Ia mengulas pemerintahan legislatif RI pada 2009 semasa Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai presiden RI.

Saat itu, kata Syarief, Demokrat sebagai pemenang pemilu menduduki kursi pumpinan DPR. Namun, terjadi kesepakatan dengan PDIP, sehingga PDIP menjadi ketua MPR. Syarief pun mengharapkan sejarah tersebut terulang dalam periode 2019-2024.

“Jadi kalau saja ya, dan bila teman-teman setuju dan PDIP juga setuju, mudah-mudahan, kalau saja terjadi ketua DPR-nya adalah PDIP, mungkin bagus juga kalau Ketua MPR-nya itu dijabat oleh Partai Demokrat,” kata Syarief di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Senin (22/7).

Demokrat, lanjut Syarief, menyatakan siap bila PDIP mengajak untuk bergabung dalam paket pimpinan MPR. Syarief mengakui, Demokrat memang mengharapkan posisi pimpinan MPR. Namun, Demokrat juga memantau dan menunggu perkembangan lobi politik dalam musyawarah pimpinan MPR.

Demokrat bahkan sudah menyiapkan kandidatnya bila mendapat kesempatan menduduki ketua MPR RI. “Saya pikir itu sudah dipikirkan oleh ketua umum Partai Demokrat. Tinggal menunggu timingnya saja, waktunya, kapan untuk dimulai lobi-lobi fraksi dan lobi-lobi antar ketua umum,” ujar anggota Komisi I DPR RI ini.

Tinggalkan Balasan