Berita  

Deddy Mizwar Optimistis Ciletuh Jadi Geopark Dunia

Sukabumi, KabarBerita.id — Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan selangkah lagi kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu akan menjadi geopark kelas dunia usai dilakukan penilaian oleh tim dari UNESCO di kawasan tersebut.

“Yang terakhir, mari kita jadikan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu sebagai best practice bagi kita untuk mengeksplorasi berbagai potensi alam di Jawa Barat,” kata Deddy Mizwar dalam siaran persnya, Sabtu (5/8).

Tim penilai yang hadir ialah dari Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB itu di antaranya Alexandru Andrasanu dari Rumania, dan Soo Jai Lee dari Korea Selatan.

Mereka bertugas memberikan penilaian apakah Geopark Ciletuh Palabuhanratu masuk UNESCO Global Geopark atau tidak. Apabila masuk, maka Ciletuh akan dinyatakan sebagai geopark kelas dunia.

Pemeriksaan oleh tim assessor dari UNESCO tersebut dilakukan sejak Selasa (1/8) lalu hingga Jumat (4/8). Ia mengatakan kunjungan Tim Asesor UNESCO ke kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, memberikan tambahan semangat untuk lebih memperkuat komitmen dan menyatukan kekuatan semua pemangku kepentingan.

“Terutama dalam rangka menerapkan konsep Community Based Tourism yang berbasis pada aspek konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara berkesinambungan,” kata dia.

Wagub mengungkapkan demi tercapainya cita-cita tersebut, pihaknya juga akan terus membenahi sistem manajemen dan memperbanyak upaya promosi, seperti penyelenggaraan Festival Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang dilaksanakan sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 agar terus dipertahankan.

Tinggalkan Balasan