Debat Capres – Jokowi-Ma’ruf Kenakan Kemeja Putih Saat Debat

Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin tiba untuk mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat pertama yang diikuti pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo dan Sandiaga Uno tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Jakarta, Kabarberita.id – Pasangan calon presiden dan calon wapres 2019-2024 RI nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin mengenakan kemeja putih saat Debat I Capres-cawapres.

“Ya pakai baju ini,” kata Jokowi ditemui usai Shalat Maghrib berjamaah di salah satu masjid di Jakarta, Kamis petang. Jokowi mengatakan hal itu sambil menunjuk pakaian yang dikenakannya maupun yang dikenakan cawapres KH Ma’ruf Amin. Tampak Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang warna hitam, sementara Ma’ruf juga mengenakan kemeja putih dengan bawahan sarung.

Ketika ditanyakan apakah pihak keluarga akan hadir untuk memberi dukungan, Jokowi mengatakan istrinya akan hadir dalam acara itu. “Ya, nanti sama ibu,” ucap Jokowi.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, akan berangkat bersama dari Istana Merdeka menuju ke tempat lokasi debat capres di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis malam.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding, di Jakarta, Kamis petang, mengatakan, sebelum berkumpul di Istana, capres nomor urut 01, Joko Widodo, berangkat dari Istana Bogor menuju ke Istrana Merdeka Jakarta, sedangkan cawapres KH Ma’ruf Amin, berangkat dari kediamannya di Jalan Situbondo Menteng ke Istana Merdeka Jakarta.

Menurut Karding, di Istana, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, akan melakukan Shalat Maghrib berjamaah, doa bersama, dan makan malam, kemudian menuju ke lokasi debat capres di Hotel Bidakara Jakarta.

“Pak Kiai Ma’ruf sudah berangkat dari kediamannya sekitar pukul 17.00 lewat dan sampai ke Istana sekitar pukul 17.40 WIB,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, akan menggunakan pakaian rakyat saat tampil pada debat capres.

“Pakaian rakyat itu adalah pakaian yang sederhana dan tidak mengubah penampilan dan karakternya sebagai pemimpin dari rakyat,” kata Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Rabu (16/1).

Soal pakaian yang dipakai mereka, kata dia, yang melihat adalah rakyat sehingga pasangan ini akan menggunakan pakaian rakyat yang tidak mengubah visi dan misi, yakni mencerminkan karakter rakyat yang bersih dan apa adanya.

Hasto tidak menyebut secara langsung pakaian yang akan dikenakan kedua calon pemimpin saat tampil debat, tetapi pakaian yang biasa dipakai Jokowi adalah kemeja putih lengan panjang atau baju koko warna putih dan bercelana panjang warna gelap. Kiai Haji Ma’ruf Amin juga biasa mengenakan baju koko warna putih, berkain sarung, serta sorban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here