Dampak Cuaca Panas pada Hewan Peliharaan

Jakarta, KabarBerita.id — Tidak hanya manusia  yang merasa gerah ketika berada di cuaca panas, hewan pun juva bisa. Beberapa hewan peliharaan dapat mengalami serangan panas akibat suhu udara yang tinggi.

Pada dasarnya hewan peliharaan memiliki kemampuan beradaptasi untuk menghadapi cuaca panas. Akan tetapi mereka akan kesulitan mengatasi panas yang ekstrem.

Dilansir National Geographic, panas yang ekstrem dapat membanjiri termoregulasi hewan dan mencegah mereka melepaskan panas berlebih. Kondisi ini bisa menyebabkan serangan panas yang bisa berakibat fatal.

Semua hewan peliharaan rentan terhadap serangan panas tetapi beberapa memiliki risiko lebih tinggi.

Untuk Anjing berkepala pendek seperti pug, bulldog, French bulldog, dan Boston terrier merupakan hewan yang rentan mengalami serangan panas.

Anjing ini memiliki tenggorokan yang sempit dan dapat mengalami kesulitan menghirup udara. Kondisi ini membuatnya sulit menjaga diri tetap dingin.

Hewan peliharaan dengan masalah jantung dan kelebihan berat badan, sangat muda, dan sangat tua juga rentang dapat mengalami serangan panas.

Hewan secara fisiologis dapat menangani panas secara berbeda dari manusia. Manusia mengatur suhu dengan keringat yang keluar dari kulit kepala hingga kaki, sementara anjing dan kucing berkeringat melalui cakar dan hidungnya.

Anjing biasanya mengandalkan terengah-engah sebagai cara utama pendinginan. Kondisi ini memungkinkan air menguap di paru-paru, lidah, serta permukaan mulut yang lembap.

Sementara untuk kucing biasanya merawat bulunya agar tetap dingin di mana air liur menguap dari bulu mereka.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mencukur bulu hewan peliharaan saat cuaca panas. Bulu bertindak sebagai isolator yang menjaga hewan tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas.

Hewan peliharaan dapat berkembang dan memburuk dari serangan panas dengan cepat.

Tanda-tanda yang harus diwaspadai adalah lesu, terengah-engah berlebihan, napas cepat, mengeluarkan air liur, kegelisahan yang berlebihan, dan kurang nafsu makan berkepanjangan.

Pada anjing memiliki tanda khusus dapat berupa gusi dan lidah berwarna abu-abu keunguan dan ketidakmampuan untuk berdiri.

Kemudian, bagaimana menjaga agar hewan peliharaan tidak mengalami serangan panas?

Jauhkan hewan peliharaan anda dari sinar matahari, terutama yang hidup di kandang atau terarium seperti reptil, hewan pengerat, dan burung. Ajak hewan peliharaan seperti anjing untuk jalan-jalan di pagi atau malam hari dengan memastikan suhu trotoar tidak terlalu panas.

Apabila hewan peliharaan Anda menunjukkan tanda-tanda peringatan serangan panas, segera hubungi dokter hewan.

Tinggalkan Balasan