Cuaca Panas Minum Air Es, Amankah?

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — cuaca panas yang melanda Jakarta dan sekitarnya membuat banyak orang merasa gerah. Tak ayal banyak orang berbondong-bondong meminum air es.

Akan tetapi apakah terlalu banyak mengonsumsi minuman dingin dapat berdampak pada tubuh?

Dokter gizi RSCM, Inge Permadi mengatakan minum air es tidak akan bermasalah bagi tubuh. Air minum akan ditampung dahulu di lambung sebelum dialirkan ke seluruh bagian tubuh kemudian suhu air akan disesuaikan dengan suhu tubuh.

Meski air es tidak langsung mempengaruhi kondisi tubuh akan tetapi beberapa orang dapat mengalami batuk saat minum es. Hal tersebut disebabkan karena kondisi tubuh yang alergi terhadap cuaca dingin.

Inge Mengatakan bahwa air es bisa mempengaruhi saluran pencernaan dan Pernapasan. Rasa dingin dapat merangsang paru-paru pada sebagian orang sehingga menyebabkan batu.

Tidak ada batasan mengkonsumsi air es selama yang diminum adalah air putih tanpa campuran lain. Air es bisa berbahaya bagi tubuh apabila mengandung gula yang berlebih.

Selain kandungan gula kebersihan dari es batu yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Karena ada beberapa kejadian ditemukan pembuatan es batu yang menggunakan air mentah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan