Ciri-Ciri Flu Singapura yang Dialami Pria di Madiun

Jakarta, KabarBerita.id — Flu Singapura mendadak menjadi sorotan. Penyakit infeksi tersebut mendapatkan perhatian setelah kabar mengenai seorang pria berasal dari Madiun yang terkena flu Singapura setelah sakit lambung viral di media sosial.

Lalu apa dan bagaimana ciri flu Singapura?

Kabar mengenai flu Singapura pada pria Madiun tersebut viral pertama kali di media sosial tik tok. Melalui sebuah akun pasien membeberkan sejumlah gejala yang dialaminya mulai dari lemas, sakit saat menelan hingga munculnya Lesi.

Dalam istilah medis 10 Singapura juga dikenal sebagai sebutan hand, foot, and mouth disease (HFMD). Penyakit ini perlu diwaspadai pada masa pergantian musim seperti saat ini.

Dilansir Laman ikatan dokter Indonesia, flu Singapura merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bernama Cozsackievirus.

Virus ini menular melalui cairan atau lendir pada hidung, tenggorokan dan Lesi yang pecah dari orang yang terinfeksi. Penularan juga dapat terjadi pada kontak erat.

Umumnya penyakit ini banyak menyerang kelompok anak, akan tetapi dalam beberapa kasus puluh Singapura juga dapat menyerang orang dewasa.

Ciri flu Singapura antara lain demam, sakit tenggorokan, tidak enak badan, Ruam merah tanpa gatal pada telapak tangan dan penurunan nafsu makan.

Virus ini memiliki masa Inkubasi tiga hingga enam hari. Artinya flu Singapura akan muncul setelah tiga atau enam hari pasca paparan virus.

Dalam kondisi yang lebih parah flu Singapura dapat menyebabkan penyakit berat seperti Meningitis dan Ensafalitis.

Demikian sejumlah ciri flu Singapura yang dapat anda waspadai. Segera konsultasikan ke dokter apabila mengalaminya.

Tinggalkan Balasan