Cilegon Jadi Tuan Rumah Rakorkomwil III APEKSI pada 2023

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kota Cilegon terpilih sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Wilayah III pada tahun 2023 mendatang. Cilegon menyingkirkan dua kandidat lainnya, yakni Jakarta Pusat dan Sukabumi untuk mendapat kehormatan tersebut.

Ketua Presidium Sidang Rakorkomwil Arief Wismansyah mengatakan terpilihnya Cilegon sebagai tuan rumah diputuskan Rapat pleno Rakorkomwil III APEKSI di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (21/07).

“Dengan musyawarah mufakat, memutuskan Kota Cilegon sebagai tuan rumah Rakorkomwil tahun 2023 atau tahun depan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/7/2022).

Arief yang juga merupakan Wali Kota Tangerang itu mengaku setuju Cilegon ditunjuk sebagai tuan rumah. Menurutnya, kota tersebut sangat strategis.

Ia menambahkan Cilegon telah memiliki prestasi sendiri, yakni sukses dalam pengelolaan sampah.

Dalam salah satu rekomendasi yang dibacakan, Arief meminta para wali kota se Komisariat III untuk berperan aktif dan saling berkolaborasi demi kemajuan kotanya.

Sementara itu, Wali kota Cilegon Helldy Agustian mengapresiasi terpilihnya Cilegon sebagai tuan rumah. Ia mengatakan pihaknya akan berupaya sebaik mungkin dalam menyambut dan melayani kehadiran para wali kota lain.

Helldy meyakini gelaran Rakorkomwil di Cilegon akan mendatangkan multiplier effect bagi perekonomian.

“Ada sekitar 25 wali kota akan hadir, kita asumsikan satu wali kota paling tidak membawa 20 orang, mulai dari penginapan, kuliner, UMKM hingga transportasi akan mendapatkan manfaat,” terangnya.

Sebagai informasi, Rakorkomwil III merupakan salah satu hajat para wali kota Apeksi Komisariat III. Organisasi ini membawahi sebanyak 25 wali kota di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Rakorkomwil akan membahas isu-isu terkini, terutama masalah-masalah yang dihadapi para wali kota di daerahnya. Hasil Rakorkomwil nantinya akan dibawa ke tingkat nasional sebagai rekomendasi ke tingkat pusat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan