Cilegon Akan Buat Pusat Olahraga Terpadu

  • Bagikan

Cilegon, KabarBerita.id — Cilegon sempat menjadi rumah untuk salah satu tim sepakbola Indonesia. Setelah lama tak berdenyut, olahraga di kota itu akan hidup kembali.

Anda sebagai penggila sepakbola nasional tentu kenal dengan klub sepakbola Pelita Krakatau Steel yang pernah muncul di tahun 2002 hingga 2016. Setelah itu Pelita KS berpindah-pindah tempat sebelum kini berubah nama jadi Madura United sejak 2016.

Setelah itu Cilegon bak mati suri di kancah olahraga nasional karena Cilegon FC pun namanya tak berkibar, sebelum akhirnya diakuisis oleh Raffi Ahmad sejak musim lalu menjadi Rans Cilegon FC yang berlaga di Liga 2.

Mulai musim ini, Rans Nusantara memang sudah pindah markas ke Bekasi. Namun Cilegon setidaknya tidak akan mati suri lagi karena PT Krakatau Steel bakal membangun pusat olahraga terpadu kelas wahid di kota tersebut.

PT Krakatau Steel melalui anak usahanya PT Krakatau Sarana Properti (KSP) bakal mengubah imej Cilegon sebagai kota industri menjadi kota olahraga. Salah satu caranya adalah dengan membangun sports center atau pusat olahraga.

Valdi Roesmahyono selaku Golf & Sports Center Manager PT KSP mengungkapkan, sports center yang dibangun nanti mempunyai sejumlah fasilitas antara lain lapangan golf, basket, tenis, futsal hingga lapangan sepakbola.

Salah satu fasilitas olahraga yang ada di sport center adalah lapangan golf dengan luas 50 hektar dan mempunyai 18 lubang berstandar nasional. PT KSP juga melakukan sejumlah program khusus agar semakin banyak orang yang mau bermain golf, salah satunya lewat program golf for beginner.

“Jadi program ini kami targetkan untuk masyarakat yang ingin belajar bagaimana caranya bermain golf untuk pertama kalinya. Kami juga berkolaborasi dengan komunitas golf yang ada sehingga banyak yang akhirnya mau bermain golf di kota Cilegon,” sambung Valdi.

Pandemi COVID-19 memang sempat membuat sport center tutup selama satu bulan mengikuti aturan dari pemerintah. Namun, setelah itu kembali dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen. Perawatan rumput tetap dilakukan agar ketika nantinya orang-orang sudah rutin bermain golf, lapangan sudah siap digunakan lagi.

Lapangan golf yang dikelola PT KSP ini sudah ada sejak tahun 1970-an sebagai bagian dari fasilitas untuk karyawan yang bekerja di PT Krakatau Steel. Seiring dengan perjalanan waktu, dilakukan modernisasi khususnya untuk varian rumput yang digunakan.

Selain lapangan golf, sport center juga memiliki lapangan basket. Meski belum memenuhi standar nasional, lapangan tersebut sering dipakai oleh publik, khususnya klub basket. Bahkan ada tiga klub basket itu sudah mengajukan lapangan basket sebagai kandang mereka.

Fasilitas olahraga lain yang juga sering dipakai oleh masyarakat kota Cilegon adalah kolam renang. PT KSP bekerja sama dengan guru olahraga di Cilegon untuk memakai fasilitas kolam renang di sport center.

Selain itu masih ada lapangan futsal dan juga lapangan olahraga. PT KSP baru saja diberi kepercayaan untuk mengelola stadion sepakbola di dalam kompleks Krakatau Steel.

Nanti mereka mengembangkan fasilitas olahraga, terutama merenovasinya menjadi venue berskala internasional, dengan harapan masyarakat kota Cilegon menjadi masyarakat yang sehat serta gemar berolahraga, lalu berbagai event olahraga nasional maupun internasional bisa digelar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan