China Larang Iklan Buah Pinang Lantaran Dapat Picu Kanker Mulut

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Karena berkaitan dengan munculnya kanker mulut kini pemerintah China melarang iklan buah pinang. Hal tersebut lantaran sebagian besar orang China memiliki kebiasaan mengunyah buah pinang.

Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mengeluarkan larangan munculnya iklan pinang baik di radio, televisi, dan acara online. Sejumlah studi membuktikan bahwa buah pinang memiliki kandungan bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker mulut karena bersifat karsinogen.

Muti dari SCMP, pengumuman tersebut berisi tentang inspeksi dan pembersihan dengan persyaratan yang diterapkan demi menjaga kepentingan rakyat dan menciptakan lingkungan komunikasi yang lebih baik.

Karena sama-sama bersifat adiktif Pinang seringkali dibandingkan dengan tembakau, alkohol, dan kafein. Dari penelitian yang dipublikasikan oleh PLOS One, bahan kimia yang terdapat di buah pinang dapat menyebabkan rangsangan reseptor di otak yang bisa membuat kecanduan nikotin.

Selain itu buah pinang juga dikategorikan masuk dalam daftar karsinogen atau penyebab kanker pada manusia oleh International Agency for Research on Cancer.

Hal tersebut didukung oleh hasil dari laporan yang diberikan the Lancet bahwa dari 8.222 warga Hunan menderita kanker mulut dikarenakan 90% nya merupakan pengunyah Pinang. Di China, Hunan sendiri merupakan provinsi yang menjadi pusat pabrik Pinang dengan konsumsi Pinang terbanyak.

Sementara itu diketahui industri Pinang merupakan sponsor dari program-program TV terkenal yang sedang bertumbuh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan