China Dibuat Geram, 5 Anggota Kongres AS Kunjungi Taiwan

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Anggota Kongres Amerika Serikat berjumlah lima orang tiba di Taiwan pada Kamis (25/11) terlepas dari kecaman China yakni pejabat asing ke wilayah yang dinilai China sebagai pembangkang.

Michigan anggota parlemen AS mengatakan kedutaan China telah menyuruhnya untuk membatalkan perjalanan.

Ia mengatajan kepentingan AS ke Taiwan tidak untuk konflik dan status wilayah terhadap China. Namun agenda delegasi Kongres AS ke Taipei untuk memantau pemasok microchip Taiwan.

Ia juga menyampaikan agendanya ke Tauwan dilakukan setelah delegasi Kongres melewat ke Korea Selatan dan merayakan hari Thankshiving dengan pasukan Amerika.

Rombongan kongres ini dipimpin Mark Takano Ketua Urusan Veteran AS di Dewan Perwakilan.

Berita mengenai perjalanan anggota Kongres AS ini pun muncul sehari setelah Presiden Joe Biden menyampaikan undangan ke Taiwan untuk ‘KTT Demokrasi’, yang berlangsung pada bulan depan.

Tindakan Biden ini mendapat kecaman dari China. Karena, AS tak mengundang China dalam forum tersebut.

Zhu Fenglian selaku Juru bicara Kantor Urusan Taiwan di China, juga mengatakan bahwa keikutsertaan Taiwan merupakan sebuah kesalahan.

Ia juga menegaskan bahwa China menentang semua interaksi antara Amerika Serikat dengan kawasan Taiwan di China.

China dan AS diketahui seringkali saling membalas gerak militer di wilayah Taiwan. Ketika China mengirimkan pesawat tempur di wilayah Taiwan, AS juga mengirimkan kapal perang di selat Taiwan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan