CEO Amazon Jeff Bezos Mengundurkan Diri

Pendiri Amazon Jeff Bezos akan mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO pada tahun ini dan menjadi executive chairman menurut pernyataan perusahaan pada Selasa (2/2). Posisi CEO akan diisi oleh Andy Jassy, CEO anak perusahaan divisi bisnis sistem cloud, Amazon Web Service.

Bezos telah menjadi CEO Amazon sejak 1995, saat perusahaan masih jualan buku hingga sekarang menjadi platform retail dan logistik senilai puluhan triliun rupiah. Amazon telah menjadikan pria berpenampilan plontos ini orang terkaya di dunia.

“Perjalanan ini mulai sekitar 27 tahun yang lalu. Amazon awalnya hanya ide, dan itu tak punya nama,” tulis Bezos dalam surat buat karyawannya, dilansir dari CNN.

“Pertanyaan yang sering saya tanyakan waktu itu, ‘apa itu internet?’ … Hari ini, kita memperkerjakan 1,3 juta talenta, orang terdedikasi, melayani ratusan juta konsumen dan bisnis, dan dikenal luas sebagai salah satu perusahaan sukses di dunia,” tulisnya lagi.

Bezos mengatakan keputusannya mundur sebagai CEO akan membuatnya punya banyak waktu mengerjakan proyek lain. Dia mengatakan bertugas pada ‘produk dan inisiatif baru’ saat menjabat executive chairman.

“Menjadi CEO Amazon itu tanggung jawabnya dalam, dan memakan banyak waktu. Saat Anda punya tanggung jawab seperti itu, sulit untuk memperhatikan hal lain,” ujar Bezos.

Bezos mengatakan akan mengalihkan waktu dan energinya untuk fokus pada Day 1 Fund, Bezos Earth Fund, Blue Origin, dan The Washington Post. Dia juga menyatakan pernyataannya mundur sebagai CEO bukan tanda-tanda pensiun.

Bezos bilang percaya diri pada Jassy yang akan menjadi pemimpin luar biasa sebagai penggantinya. Jassy telah bekerja di Amazon sejak 1997, saat ini dia memimpin Amazon Web Service yang merupakan penyedia cloud terbesar di dunia dan mesin uang Amazon

Tinggalkan Balasan