Cegah Katarak di Usia Muda, Kebiasaan Pakai Kaca Mata Hitam

Jakarta, KabarBerita.id — Penyakit katarak merupakan penyebab kebutaan utama di dunia. Untuk mengurangi risikonya di usia muda, Anda bisa menerapkan kebiasaan sehat untuk mencegah katarak.

Katarak adalah penyakit yang terjadi pada mata akibat adanya gumpalan protein pada lensa mata yang membuat keruh dan sulit ditembus oleh cahaya. Tidak hanya pada satu mata namun Katarak juga bisa terjadi pada keduanya.

Penyebab Katarak yang paling umum adalah penuaan. Penyebab lain dapat dikontrol termasuk paparan sinar Ultraviolet, kebiasaan merokok hingga penyakit diabetes.

Supaya penglihatan tetap sehat, alangkah baiknya apabila menjaga kesehatan mata dengan baik.

dilansir dari berbagai sumber berikut ini merupakan hal yang dapat diterapkan sehari-hari sebagai cara mencegah Katarak pada usia muda.

1. Mengonsumsi makanan sehat
Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan dapat menurunkan resiko terkena Katarak.

Anti oksidan merupakan bahan kimia baik yang melawan bahan paparan radikal bebas penyebab oksidasi. Oksidasi inilah yang nantinya menyebabkan Katarak dan merusak protein serta lemak di lensa mata.

Makanan sehat yang mengandung nutrisi tersebut antara lain sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan berminyak, telur, gandum utuh, dan kacang-kacangan.

2. Berhenti merokok
Asap rokok menghasilkan radikal bebas yang membahayakan mata serta bisa mengurangi jumlah anti oksidan dalam tubuh. Racun ini dapat menumpuk sehingga menyebabkan Katarak.

3. Batasi konsumsi alkohol
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Optometry and Vision Science, konsumsi minuman beralkohol berlebihan meningkatkan peluang Anda terkena katarak.

Asupan alkohol yang berlebihan dapat mencegah hati dan organ lain menyerap nutrisi.

4. Gunakan kacamata hitam
Tidak hanya sebagai aksesoris fashion, kaca mata hitam juga bisa melindungi mata dari sinar Ultraviolet yang dipancarkan matahari saat terik.
Sinar Ultraviolet sendiri dapat merusak lensa mata.

5. Cukupi kebutuhan cairan
Apabila tubuh Anda terhidrasi maka kemungkinan besar tubuh akan menumpuk racun. Racun ini dapat mempengaruhi kesehatan termasuk mata yang bisa menyebabkan Katarak.

Minum air dengan cukup dapat membantu membuang racun tersebut.

Tinggalkan Balasan