Cegah Diabetes pada Anak dengan ASI Eksklusif

Jakarta, KabarBerita.id — Tidak hanya menyerang orang dewasa, diabetes juga dapat menyerang anak. Diabetes tipe satu menjadi jenis yang paling umum diidap oleh anak.
salah satu cara untuk mencegah diabetes pada anak adalah dengan memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif untuk anak.

Dokter spesialis gizi klinis, Juwalita Hapsari mengatakan bahwa salah satu upaya dalam menurunkan resiko diabetes adalah dengan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan.

Menurutnya ASI merupakan makanan emas yang memiliki banyak manfaat luar biasa.
Manfaat ini dapat berkat kandungan gizi dalam ASI yang melimpah seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan immunoglobulin.

Ia juga menambahkan bahwa komposisi pada ASI mengikuti perkembangan dan pertambahan usia bayi. Hal ini bisa mencegah penyakit obesitas pada bayi yang lucunya memicu Diabetes.

Karena bisa dibilang bahwa anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif memiliki resiko menjadi obesitas. Apabila resiko obesitas berarti dapat menjadi faktor resiko terkena diabetes di kemudian hari.

Selain Diabetes sebaiknya tidak mendapatkan ASI eksklusif rentan mengalami infeksi baik yang menyerang sistem pencernaan maupun Pernapasan.

Sebelumnya telah diberitakan kasus Diabetes pada anak dilaporkan mengalami peningkatan. Berdasarkan catatan ikatan dokter anak Indonesia (IDAI) saat ini ada sekitar 1645 anak di Indonesia yang mengalami diabetes. Angkaini melonjak hingga 70 kali lipat sejak 2010 lalu.

Diabetes tipe satu menjadi jenis yang paling banyak dialami oleh anak sebanyak 90% dari keseluruhan kasus. Diabetes ini dikarenakan kondisi auto imun yang merupakan bawaan lahir.

Sementara 10% lainnya merupakan anak dengan diabetes tipe dua yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Tinggalkan Balasan