Cara Turunkan Kolesterol Tanpa Konsumsi Obat

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Menurunkan kadar kolesterol tidak harus selalu bergantung dengan obat. Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tanpa obat.

Cara menurunkan kolesterol secara alami ini bisa dilakukan dengan beberapa perubahan gaya hidup.

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Pada kadar yang normal kolesterol membantu menjaga dinding sel tubuh tetap fleksibel.

Namun dalam kadar yang tinggi, kolesterol bisa memicu banyak masalah kesehatan seperti stroke dan gagal jantung. Penumpukan kolesterol jahat (LDL) di pembuluh darah bisa menyumbat arteri.

Mengutip berbagai sumber, berikut cara alami menurunkan kolesterol.

1. Konsumsi lemak tak jenuh tunggal

Asupan lemak tak jenuh tinggi dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan melindungi kadar kolesterol baik tetap sehat.

Beberapa sumber lemak tak jenuh tunggal diantaranya adalah minyak zaitun, minyak canola, kacang almond, kacang mete, dan alpukat.

2. Hindari asupan lemak trans

Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol total. Nam , lemak satu ini dapat menurunkan kadar kolesterol baik yang bermanfaat hingga 20 persen.

Mengutip Healthline, sebuah studi memperkirakan bahwa lemak trans bertanggung jawab atas 8 persen kematian akibat penyakit jantung di seluruh dunia.

3. Menambah asupan serat

Sebuah studi menemukan, konsumsi 3 gram suplemen serat larut setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 18 persen.

4. Olahraga rutin

Bukan rahasia lagi, olahraga punya manfaat kesehatan yang berlimpah. Termasuk diantaranya bisa menjadi cara menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Sebuah penelitian menemukan, olahraga aerobik dan ketahanan selama 12 pekan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang teroksidasi. Studi ini ditemukan berhasil pada 20 wanita dengan kelebihan berat badan.

5. Setop merokok

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat lainnya adalah dengan berhenti merokok. Merokok disebut bisa mengganggu sistem kerja tubuh dalam menangani kolesterol.

Kerusakan ini disebabkan oleh kandungan TAR pada tembakau, bukan nikotin. Kondisi ini bisa memicu penyumbatan arteri.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan